Tajuk

Transportasi Salah Satu Instrumen Kemajuan

Tidak dipungkiri jika transportasi merupakan salah satu instrumen penting untuk meraih kemajuan. Jika diputar ke belakang, sekitar era 95-an ke bawah, transportasi masih didominasi oleh transportasi darat. Tidak heran ketika itu, transportasi massal seperti bus dan sejenisnya begitu banyak di setiap kota-kota besar di Indonesia. Banyak masyarakat menjadikan bus sebagai sarana utama untuk aktifitas dan "menjemput" harapannya.

Setelah itu, saat percepatan teknologi dan pembangunan sudah menggeliat, masyarakat mulai beralih pada transportasi yang memiliki kecepatan lebih, seperti pesawat udara. Hal ini itu seiring dengan keinginan masyarakat untuk bisa lebih cepat memperoleh apa yang menjadi keinginanya. Tidak heran, masa itu transpotasi udara mulai tumbuh. Dampaknya juga cukup dirasakan. Arus lalu lintas masyarakat begitu cepat. Percepatan pembangunan juga begitu cepat.

Dan hal itu sampai sekarang makin dirasakannya kebutuhannya. Transportasi yang cepat sudah menjadi kebutuhan seluruh elemen masyarakat. Masyarakat era sekarang begitu menghargai waktu agar dapat berbuat yang terbaik dalam kehidupannya.

Jika dikaitkan dengan Batam dengan banyaknya pulau-pulau di sekitarnya, tentu transportasi menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan satu pulau dengan pulau yang lain. Ini sudah pasti. Batam kini telah tumbuh menjadi daerah berkembang. Percepatan itu pula yang diharapkan oleh masyarakat yang ada di sekitar Batam.

Adanya keinginan masyarakat di sekeliling Batam untuk mendapatkan tambahan transportasi, merupakan sesuatu hal yang wajar. Seperti yang disampaikan saat Walikota Batam berkunjung ke pulau di sekitar Batam akhir pekan kemarin. Sebab, hanya kapal yang representatif yang bisa menghubungkan mereka. Dalam penjelasannya, walikota Batam telah menyampaikan jika hal itu sudah menjadi programnya. Namun, karena keterbatasan anggaran, program untuk penambahan transportasi bagi masyarakat pulau akan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

Untuk solusi keterbatasan anggaran itu, Pemerintah Kota Batam mungkin bisa mengarahkan perusahaan yang ada di kota ini untuk lebih memprioritas penambahan transportasi perairan dari CSR yang ada di perusahaan-perusahaan tersebut. Dalam arti sederhana, CSR lebih diarahkan untuk menyediakan tranportasi representatif terutama untuk kalangan pelajar seperti yang disampaikan masyarakat pulau. Transportasi untuk kalangan pelajar di pulau-pulau dinilai sudah menjadi suatu yang mendesak apalagi di tengah kondisi alam yang kurang baik.

Seperti yang dikatakan di atas, tranportasi merupakan instrumen utama untuk meraih kemajuan. Ketika para pelajar meminta sarana ini, sebuah hal yang manusiawi, karena mereka juga ingin maju seperti majunya Batam dengan segala pembangunannya. ***




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar