Tanjung Pinang

Kodim 0315 Bintan Tangkap Pemakai Narkoba

Kodim 0315 Bintan menangkap empat pria pelaku penyalahgunaan narkoba di tempat yang berbeda.

TANJUNGPINANG (HK)- Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 0315 Bintan menangkap empat pria sebagai pemakai narkoba ditempat yang berbeda, Kamis (9/8) dini hari. Keempat pelaku, yakni Zaldian (30), Jolly Rudianto (37), Tjong Kiang (60) dan Tjhun Siang (53).

"Keempat pelaku ini kita tangkap di tempat berbeda di wilayah Tanjungpinang dan Bintan," ucap Komandan Kondim (Dandim) 0315/Bintan, Letkol I Gusti Bagus Putu Wijangsa pada sejumlah wartawan, Jumat (10/8).

Selain mengamankan pelaku, kata Gusti, pihaknya juga mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga narkoba jenis sabu, bong (alat penghisap sabu), pipet, kertas paper dan sejumlah uang berupa rupiah dan mata uang asing seperti Yuan dan Ringgit.

"Barang bukti diduga sabu yang diamankan dari pelaku ada dua paket dengan berat masing-masing 0,85 gram dan 0,89 gram," terang Gusti.

Dikatakan, pengungkapan kasus ini berawal penangkapan terhadap pelaku Zaldian saat berada di kediamannya di sekitar Kelurahan Tanjungunggat, Kota Tanjungpinang. Hal ini diperoleh setelah adanya informasi dari masyarakat yang dapat dipercaya oleh anggotanya di lapangan.

Kemudian dari penangkapan tersebut, pihaknya berhasil mengembangkan dengan menangkap tiga pelaku lainnya di lokasi yang berbeda, yakni di jalan Rawasari, kilometer 5 bawah Tanjungpinang. "Alat hisap sabu (bong) tersebut diamankan dari tangan Zl (Zaldian) usai yang bersangkutan diduga mengkonsumsi sabu. Sedangkan barang bukti dua paket sabu lainnya didapat dari pelaku Jr (Jolly Rudianto)," ucapnya.

Barang bukti tersebut, lanjut Gusti, sempat dibuang pelaku di dekat kakinya saat dilakukan penggeledahan oleh anggota yang bertugas.

Untuk penanganan dan penyidikan lebih lanjut, kata dia, pihaknya menyerahkan penanganannya ke Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanjungpinang. "Pelaku dan barang bukti akan langsung kita serahkan kepada pihak yang berwenang (BNNK) untuk proses selanjutnya. Namun, kasus ini akan terus kita pantau dan berkoordinasi dengan BNNK," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, dari hasil penyelidikan sementara pihaknya, tiga di antara keempat pelaku yang diamankan tersebut merupakan resedivis dalam kasus yang sama.

Mereka adalah Jr (Jolly Rudianto), TK (Tjong Kiang) dan TS (Tjhun Siang). "Ketiga pelaku tersebut diketahui sudah pernah menjalani hukuman penjara dalam kasus yang sama,” pungkasnya.(nel)




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar