Batam

Batam Punya Banyak Potensi Pariwisata

Batam memiliki begitu banyak potensi pariwisata. Tidak hanya di kawasan mainland, tapi juga di kawasan hinterland. Seperti yang dirilis media di Batam, Kementerian Pariwisata berencana mengembangkan Pulau Ngenang menjadi kampung tenun. Tujuannya untuk menarik kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Pulau yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari Batam, dinilai sangat cocok menjadi tujuan wisata. Selain alamnya yang indah, pulau itu juga relatif mudah dijangkau. Apalagi dengan Kampung Tenun, dipercaya akan yang menambah daya tariknya.

Sebelumnya, walikota Batam juga telah mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan tiga pulau di sekitar Batam untuk dijadikan destinasi wisata baru. Sekarang ketiga pulau tersebut tengah digarap oleh swasta. Dan diperkirakan dalam waktu sekitar tiga tahun ke depan, pulau-pulau tersebut sudah bisa dikunjungi oleh para wisatawan.

Batam, selain sebagai kawasan industri dan perdagangan, juga merupakan kawasan wisata. Khusus untuk terakhir ini, sudah sangat banyak pendapat yang mengatakan jika daerah ini memiliki dan menyimpan potensi pariwisata yang tidak kalah dari daerah lainnya. Namun, potensi yang ada itu belum digarap secara baik. Bahkan ada yang dibiarkan terbengkalai. Padahal, jika dipoles dengan baik, kawasan-kawasan itu akan mendatangkan pendapatan yang besar bagi Batam dan masyarakat.

Untuk menjadikan Batam sebagai daerah destinasi wisata, tidak bisa dilakukan secara temporal dan setengah-setengah. Harus total dan melibatkan banyak pihak.

Kalau berkaca pada daerah lain di Indonesia, apalagi mancanegara, mereka menggarap dunia pariwisata dengan begitu serius. Bahkan mereka mau mengeluarkan dana besar untuk menjadikan potensi yang dimiliki benar-benar dapat dinikmati oleh wisatawan nantinya.

Diketahui, sektor pariwisata adalah sektor yang tidak akan pernah mati. Selama orang disibukan dengan aktifitasnya, maka selama itu pula pariwisata akan dilirik. Jadi tidak heran, saat ini begitu banyak muncul destinasi wisata di belahan dunia. Sektor ini dapat menghasilkan pendapatan yang besar.

Melihat potensi besar yang dimiliki Batam, sudah dilayaknya diprogramkan langkah yang lebih serius. Melibatkan tidak hanya swasta tapi juga masyarakat. Lakukan perencanaan yang utuh dan berikan perhatian secara reguler. Masyarakat luar Batam sudah mengakui jika daerah ini punya begitu banyak potensi wisatanya. Sekarang bagaimana menjawab pernyataan orang luar Batam itu dengan mewujudkan sebanyak mungkin destinasi pariwisata di daerah ini. ***




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar