Beri Kemudahan Turis Mancanegara Berkunjung ke Anambas

Disparbud Siapkan Pendamping Wisata

Salah satu objek wisata di Pulau Nongkat, Kematan Palmatak. Pulau ini menyajikan pemandangan pantai yang menjubkan.

ANAMBAS(HK)-Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Masykur, mengatakan pihaknya akan menyiapkan quide (pendamping wisata) untuk mendampingi touris manca negara yang datang ke Anambas. Langkah yang dilakukan  untuk  memberikan kemudahan bagi pelancong menikmati keindahan Kabupaten termuda di Provinsi Kepri itu.

"Kita akan memberikan pelatihan kepada anak lokal untuk dipersiapkan menjadi quide yang profesional untuk menunjang pariwisata,"kata Masykur, Jumat (10/8).

Selain itu tambah dia, pihaknya juga akan melegalkan quide yang ada saat ini, dengan memberikan izin usaha dan sertifikasi,  Mengingat saat ini perannya sangat dirasakan dalam membantu perkembangan pariwisata. "Kita apresiasi quide yang ada saat ini, karena mampu berperan dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada pengunjung yang datang,"jelasnya.

Sejatinya lanjut Masykur, saat ini terjadi peningkatan pengunjung ke Anambas,  dan pihaknya sedang melakukan pendataan melalui jumlah tamu perkamar untuk tamu lokal dan meminta data dari Imigrasi untuk touris asing. "Untuk data itu kita meminta kepada imigrasi setiap bulannya, untuk direkap pertahun. Sehingga dapat diketahui grafik peningkatan pengunjungnya,"ujarnya.

Masih kata Masykur, telah menyiapkan sejumlah starategi dan  formula memikat para wisatawan, walaupun Anambas merupakan surganya keindahan. "Salah satunya adalah dibuatnya iven-iven yang mampu menarik wisatawan. Pada puncaknya diselenggarakannya iven tahunan Festival Padang Melang (FPM) yang telah menjadi iven tahunan Provinsi Kepri," jelasnya.

Masykur sangat berharap sejumlah strategi yang telah dilakukan mampu menjadikan Anambas tujuan wisata dunia.(yud



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar