Menunggu Keputusan Halal dari MUI

Gerakan Vaksinasi MR Dihentikan

Vaksinasi measles dan rubella (MR) yang diberikan kepada anak-anak di Kabupaten Anambas.

ANAMBAS(HK)-Tanpa alasan yang jelas Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menghentikan gerakan Vaksinasi measles dan rubella (MR) yang diberikan kepada anak-anak di Kabupaten Anambas. Melalui surat edaran, gerakan vaksinasi dihentikan sementara hingga menunggu keputusan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Kabupaten Anambas, Islam Malik, Kementrian Kesehatan RI membuat kebijakan penghentian sementara vaksinasi MR. "Sambil menunggu  label halal untuk sementara waktu Vaksinasi MR di hentikan," ujar Malik, Jumat (10/8)

Lebih jauh Malik mengungkapkan, sejak 1-8 Agustus 2018 telah 2.788 anak yang diberikan vaksi. Jumlah tersebut tersebut tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).  Sejauh ini tambah dia, belum ada keluhan pada anak yang telah diberikan Vaksi."Kemenkes memerintahkan tenaga kesehatan untuk memberikan seleksi kepada penerima vaksi,"katanya.

Masih kata Malik, biasanya yang mempengaruhi fisik anak pada pemberian vaksin yakni adanya riwayat penyakit, seperti alergi obat, demam, batuk maupun flu. "Untuk itu sebelum anak diberikan vaksin, kita lakukan scraning untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Pihaknya sambung Malik, mendata terdapat  sebanyak 12.695 anak menjadi sasaran vaksinasi MR di Anambas. Anak usia 4 tahun hingga 15 tahun dilakukan di sekolah. Sementara anak usia 9 bulan hingga 4 tahun yang belum sekolah dilaksanakan di Puskesmas maupun Posyandu pada bulan September 2018.

"Memang vaksin rubela ini baru dimasukkan dalam program nasional. Karena penularan virusnya sangat fatal bagi rahim ibu. Penyakit rubela ini juga biasanya menular dari air liur. Untuk mencegah penyakit-penyakit kita berikan vaksin, karena anak yang rentan tertular rubela ini usia 9 bulan hingga 15 tahun,"tutupnya.(yud)




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar