Dari Garut Herman Jualan Bendera ke Bintan

Pedagang Bendera Marak di Bintan

Hermansyah dan Soleh saat berjualan bendera memajang pernak-pernik bendera kemerdekaan dipinggiran jalan perbatasan Tanjungpinang-Bintan.

BINTAN (HK) - Mejelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke 73, pedagang bendera merah putih semakin marak di Bintan. Hampir sepanjang jalan raya para pedagang bendera menjajakan jualannya dengan model bendera bermacam-macam. Bahkan tak hanya warga tempatan saja yang berjualan bendera ini, namun salah seorang warga Garut, Jawa Barat sengaja datang ke Bintan berjualan.   

Namanya Hermansyah dan Soleh. Mereka rela jauh-jauh dari kampung halamannya merantau kedaerah Bintan hanya untuk menjadi pedagang bendera dipinggiran jalan. Keduanya, tidak selamanya di Bintan, tetapi hanya sebulan mengontrak lalu pulang lagi ke Garut.

Herman dan Soleh berdagang dipinggiran Jalan Raya Tanjunguban perbatasan Tanjungpinang-Bintan. Harga bendera merah putih dan pernak-pernik HUT Kemerdekaan RI dipajang dengan harga murah.

Murah bukan berarti murahan, sebab barang-barang dagangannya dibawa langsung dari kampung halamannya. Pernak – pernik yang dijualnya pun berbagai macam dengan harga variatif. Untuk pernak pernik merah putih berupa bendera ukuran 90 cm dijual Rp25 ribu, ukuran 120 cm dijual Rp 30 ribu, dan ukuran 1 meter 80 cm dijual Rp 80 ribu hingga seratusan ribu.

Sementara background dijual Rp 200 hingga 300 ribu. Harga inipun bisa ditawar oleh para pembeli. "Sejak 2001 saya jual bendera disini, sampai sekarang sudah 18 tahun. Supaya saya bisa jual bendera di Bintan saya harus mengontrak rumah diperumahan komplek bumi air raja selama 1 bulan," tutur Herman, Jumat (10/8).

Dari 300 kodi barang yang dibawanya, kini hanya tersisa 50 kodi di rumah kontrakannya itu. Ia dan rekannya berjualan sejak awal Agustus kemarin. "Pertengahan bulan pulang lagi ke Garut," tuturnya.

Selain Herman, pedagang musiman lainnya Juni. Ia buka lapaknya di Jalan Raya Tanjunguban Km 16 Desa Toapaya Selatan. Sama dengan Herman, harga yang ditawarkan cukup variatif dan murah. Juni menyebutkan, bendera ukuran 90 cm dan ukuran 120 cm. Harganya berkisar mulai Rp 30 ribuan. "Tergantung ukuran, karena ukuran bendera kan macam macam," kata dia.

Setiap jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI, pedagang seperti Herman dan Juni memang sering dijumpai disejumlah daerah termasuk di Bintan. Di Bintan saja, terpantau pedagang musiman ada di Kijang, Tanjunguban dan Toapaya. Setiap hari, pernak-pernik dan bendera merah putih dipajang dipinggiran jalan untuk memikat masyarakat supaya membeli. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar