Tajuk

Kesejahteraan Guru untuk Kualitas Pendidikan

Masalah gaji guru honorer di Kepri masih juga menjadi perhatian dari sejumlah elemen. Soalnya, berdasarkan data yang terungkap dalam rapat paripurna penyampaian pandangan fraksi DPRD Kepri, Rabu (5/9) kemarin, masih ada gaji guru honorer atau guru tidak tetap di lingkungan Pemprov Kepri berkisar Rp1 jutaan. (haluankepri, 6 september 2018). Melihat kondisi itu, anggota DPRD Kepri meminta gaji guru tersebut dinaikan.

Argumen yang paling sederhana disampaikan, ditingkatkannya gaji guru honorer atau guru tidak tetap itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepri. Bahasa lain juga disampaikan, "Bagaimana pendidikan di Kepri mau baik jika guru-gurunya masih belum sejahtera, ini secara langsung berpengaruh pada kinerja."

Kalau mau jujur, rasanya kurang nyaman mendengar gaji guru honorer berada di kisaran Rp 1 jutaan di daerah ini. Sebab apa? Dengan biaya hidup yang tergolong besar, gaji sebesar itu dinilai tidak mencukupi. Rasanya mustahil jika kualitas pendidikan akan baik sementara kesejahteraan guru masih dibawah standar. Jadi, adanya saran untuk menaikan gaji guru tidak tetap tersebut sesuatu dinilai sebuah keharusan.

Guru merupakan salah satu tiang pendidikan. Guru mentransfer ilmu yang mereka miliki kepada murid-muridnya, dengan harapan, ilmu yang diberikan itu bisa menjadi bekal bagi anak murid di masa depannya. Tidak dapat disangkal, ilmu juga berkembang. Perkembangan ilmu dan pendidikan juga harus diikuti oleh setiap guru. Jika tidak bisa mengimbangi hal itu, dikhawatirkan guru akan ketinggalan dari murid-muridnya.

Ini sebuah persoalan yang harus mendapat solusi yang tepat. Salah satu solusi yang tepat itu jelas memberikan perhatian pada guru. Guru memiliki tanggung jawab dan tuntutan yang besar. Bagaimana mereka bisa "sedikit bernafas" sementara kesejahteraan yang didapatkan belum bisa memadai. Bagaimana bisa mengakses perkembangan ilmu dan pengetahuan, seperti persoalan di rumah belum rampung. Hal itu secara langsung pasti akan berdampak terhadap kualitas guru dan pendidikan murid-muridnya.

Adanya saran untuk menaikan gaji guru honorer dinilai sebuah langkah yang cukup baik. Setuju kita jika anggota DPRD Kepri meminta Pemerintah Provinsi Kepri dapat mengambil keputusan bijak untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer di Kepri.

Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM di tingkat sekolah, hendaknya dimulai dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajarnya. Jika tenaga pengajar ini sudah bisa bernafas lega, secara otomatis naluri untuk mentransfer ilmunya akan meningkat. Dan akan ada semangat berkorban untuk murid-muridnya. Namun jika belum sejahtera, bagaimana? Semoga ada kebijakan terbaik untuk hal ini. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar