Anambas

Kouta CPNS Anambas 296 Orang

Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar, saat menghadiri undangan Kemenpan RB bersama dengan 525 pemerintah daerah (Pemda) se Indonesia, beberapa hari lalu.

ANAMBAS(HK)-Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menetapkan kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 untuk Kabupaten Anambas sebanyak 296 orang. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar, sebelumnya pemerintah daerah mengusulkan 500 orang namun yang diberikan pemerintah pusat sebanyak 296 orang.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan kouta penerimaan CPNS pada tahun 2018 sebanyak 296,"Ujar Sahtiar Jumat (7/9).

Menurutnya, dari angka yang diperoleh tersebut, pihaknya masih belum menentukan berapa masing-masing formasi, baik tenaga pendidikan, kesehatan, maupun tekhnis. "Pastinya Pemkab Anambas akan membuka ruang CPNS sebanyak 296 orang sesuai dengan yang diperoleh dari Kemenpan RB. Untuk lebih detailnya tunggu beberapa hari lagi akan kami umumkan ke media sekaligus gelar konfrensi pers,"jelasnya.

Lebih jauh Sahtiar mengungkapkan, dari jumlah formasi secara keseluruhan yang diumumkan oleh Kemenpan RB tentang penerimaan CPNS di seluruh Indonesia, dengan jumlah instansi sebanyak 525 Pemerintah Daerah (Pemda) dan untuk formasi yang di Pemerintahan Pusat sebanyak 238.015 orang.

Hal itu tambah dia, berdasarkan Permenpan nomor 36 tahun 2018 tentang jumlah formasi secara keseluruhan, sedangkan untuk formasi di 525 Pemda dibagi formasi sebanyak 186.744 orang, lalu 51.271 untuk formasi di Pemerintahan Pusat. "Kemarin tanggal 6 september seluruh Pemda diundang oleh Kemenpan RB untuk mengikuti acara serah terima terkait formasi penerimaan CPNS di Jakarta. Nanti akan kita umumkan setelah tiba di Anambas, saat ini saya masih di Jakarta,"bebernya

Masih kata Sahtiar, secara ringkas untuk formasi 525 Pemda di bagi formasi tenaga pendidikan sebanyak 96.000 orang, formasi tenaga kesehatan sebanyak 60.315 orang sedangkan formasi tenaga umum atau teknis sebanyak 30.429 orang. "Kalau untuk seluruh indonesia sudah dibagi formasinya. Kita Anambas akan menyesuaikan kebutuhan, kita tidak akan merubah apa yang sudah ditentukan oleh Kemenpan RB,"paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Anambas, Linda Maryati, ketika di hubungi masih berada di Jakarta. Namun ia mengatakan, bahwa untuk lebih jelasnya terkait hal ini akan disampaikan oleh Sekda dalam waktu dekat dan itu disampaikan melalui satu sumber saja. Ia tidak menampik bahwa tes CPNS nanti akan di lakukan secara online dan berlaku seluruh masyarakat Indonesia tentunya. (yud)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar