Kemudahan Bagi Calon dan ASN

BKN Hadirkan Kantor UPT di Batam

Sekretaris Utama BKN , Kepala kantor Regional XII BKN, Andrayati, Wakil Gubernur Kepri dan Walikota Batam menggunting pita secara bersama menanadi peresmian UPT BKN di Kepri.

BATAM (HK) - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meresmikan Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara Provinsi Kepri di kota Batam, Jumat (7/9) pagi di Lantai V, Gedung Bersama Pemko, Batam Center.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf mengatakan bahwa kehadiran Kantor UPT tersebut di Batam sebagai upaya memberikan kemudahan dan efektivitas pelaksanaan seleksi calon dan penilaian kompetensi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah.

"Kehadiran UPT ini sebagai upaya memberikan kemudahan para calon ASN, tidak perlu lagi harus ke Jakarta atau Pekanbaru," ungkap Supranawa Yusuf.

Selain pejabat pusat, turut hadir dalam peresmian diantaranya Wakil Gubernur Kepri Isdianto, Walikota Batam Muhammad Rudi, dan sejumlah pejabat Kepri dan Batam. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Dijelaskan juga, bahwa pemilihan lokasi Batam, karena menurutnya Batam memiliki penduduk lebih banyak dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Kepri, yang kurang lebih 60 persen penduduk Kepri bedada di Batam.

Ditempat yang sama, Kepala kantor Regional XII BKN, Andrayati mengatakan keberadaan kantor UPT  lebih pada kebutuhan CAT (Computer Assisted Test), ujian dinas kenaikan pangkat, atau bisa untuk penyesuaian ijazah. Dalam waktu mendatang kantor UPT ini juga bisa dilakukan untuk pengembangan pengujian yang lebih lengkap (Assesment Center).

"Juga asa quick assesment untuk level pelaksana atau sampai administrator. Ada juga JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) harus menggunakan assesment center," terangnya.

Tidak hanya di Kepri, tetapi BKN akan menghadirkan UPT yang sama di Lampung yang direncanakan akhir bulan September ini.  Yang sudah pasti tujuannya melakukan   pemetaan jabatan fungsional untuk di Kota Batam. "Setiap Provinsi harus ada UPT sebagai bentuk kemudahan pelayanan," ujar Deputi Bidang Pengawasan dan Pegendalian Kepegawaian BKN, I Nyoman Arsa menambahkan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri  Isdianto mengibgatkan bahwa kehadiran  kantor UPT ini harus bisa dimanfaatkan oleh setiap ASN untuk mencari informasi tentang ASN, dan juga bisa berbagi informasi dengan sesama ASN.

"Kedepan jangan lagi ada ASN
yang salah komunikasi dan ketinggalan informasi," imbaunya.

Menutup penjelasan, Walikota Batam, Muhammad Rudi menjelaskan bahwa untuk sementara waktu gedung yang digunakan UPT sifatnya pinjam pakai. Meski demikian, harus bisa digunakan semaksimal mungkin dengan kemajuan ASN karena ternyata fasilitasnya sangat lengkap. (r/del)




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar