Tajuk

Formasi untuk Guru dan Kesehatan

Rencana Pemerintah menerima Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 2018 ini langsung disambut apresiasi oleh masyarakat. Berita ini kabar gembira, tidak hanya bagi calon pelamar, namun juga bagi pemerintah daerah yang membutuhkan para ASN untuk mengisi sejumlah formasi yang dibutuhkan.

Khusus untuk Kepri, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, mengungkapkan, untuk penerimaan CPNS tahun ini, Provinsi Kepri lebih mengedepankan untuk menerima tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan. Dikatakannya, Provinsi Kepri sangat membutuhkan tenaga kerja di kedua bidang tersebut. Mereka ini nantinya akan disebar di banyak daerah di Kepri, terutama di daerah pulau-pulau. Jamak, diketahui, banyak daerah di Kepri yang kekurangan tenaga pendidik dan tenaga kesehatan.

Tidak disangkal, kebutuhan tenaga guru dan kesehatan di Kepri dapat dikatakan begitu mendesak. Sebagai contoh di Batam, sejak adanya kebijakan Pemerintah Kota Batam yang menerima sebanyak mungkin siswa tingkat SMP di sekolah negeri, mengakibatkan banyak sekolah yang terpaksa membuat dua shift waktu pengajaran, yakni pagi dan siang. Jika sebelumnya dalam satu lokal maksimal 30 orang, kini di banyak SMP di Batam ada yang sampai 40 siswa satu lokal. Sementara guru pengajar tidak berimbang dengan banyaknya siswa yang diterima. Tak heran, jika guru keteteran dengan kondisi itu.

Dan untuk tenaga kesehatan juga dinilai sangat diperlukan. Soalnya, Kepri terdiri dari berbagai pulau dan masyarakat juga tersebar di pulau-pulau tersebut. Melihat banyaknya sebaran penduduk di pulau-pulau, diperkirakan ada pulau yang kekurangan tenaga kesehatan. Sementara kesehatan hal mendasar yang tidak bisa ditawar.

Adanya keinginan Pemerintah Provinsi Kepri untuk mengedepankan tenaga pengajar dan kesehatan yang diterima saat penerimaan CPNS 2018 ini, diberi apresiasi. Dalam arti sederhana, ada skala prioritas yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kepri untuk masyarakat dan masa depan daerah ini.

Namun, kita tentu juga berharap, mereka yang diterima nanti benar-benar CPNS yang lulus "baik" bukan titipan. Dia punya kualitas, berintegritas, dan loyalitas. Tidak hanya itu, mereka juga siap ditempatkan di daerah yang membutuhkan. Pokoknya sesuai dengan aturan.

Daerah ini butuh orang-orang pejuang dan mau berkorban. Insha Allah, jika setiap ASN nanti bekerja dengan baik, hasil yang akan didapatkannya juga baik. Itulah yang diharapkan pada CPNS yang diterima pada tahun ini. ***




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar