Tajuk

Cuaca, Genangan Air, dan Virus Penyakit

Sejak beberapa waktu terakhir, cuaca di Batam dan daerah lainnya di Kepri, kerap mengalami perubahan yang drastis. Jika ditarik kesimpulannya, hampir setiap hari terjadi hujan, baik dalam intensitas rendah, sedang, dan tidak jarang hujan deras. Suhu juga mengalami penurunan dari waktu-waktu biasanya. Kondisi ini pun juga telah disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Batam.

Cuaca hujan khususnya di Batam, secara langsung memberi dampak positif bagi pemenuhan debit air di waduk-waduk yang merupakan sumber air baku bagi masyarakat Batam. Namun, disisi lain, hujan yang cukup deras juga memberi dampak pada banyaknya kawasan di Batam yang mengalami genangan air. Kondisi ini dapat dilihat di sejumlah kawasan, tidak hanya ruas jalan yang digenangi air, komplek-komplek perumahan pun juga digenangi air.

Persoalan ini memang telah menjadi persoalan rutin di Batam. Saat musim hujan tiba, banyak warga di sejumlah kawasan yang khawatir akan mengalami genangan air bahkan banjir. Persoalan itu sudah kerap disampaikan pada pihak terkait. Memang telah dilakukan sejumlah solusi, tapi, ada yang penanganannya yang belum maksimal. Harapan masyarakat, persoalan ini dapat dilakukan secara reguler, dengan muara, mereka tidak lagi terdampak genangan air dan banjir.

Lalu, pada musim seperti sekarang, persoalan virus penyakit dikhawatirkan akan muncul. Contoh sederhana, banyak warga yang diserang deman, pilek, batuk, dan penyakit lainnya. Kondisi seperti sekarang, mau tak mau harus disikapi dengan baik. Perubahan cuaca memang kondisi alam yang akan setiap waktu bisa terjadi perubahan, namun, hal itu meski diantisipasi dengn baik.

Di kawan Batuaji dan Sagulung, misalnya, saat hujan turun, masih dijumpai perumahan yang digenangi air. Berdasarkan informasi masyarakat, drainase di perumahan itu tidak mampu menampung debit air sehingga meluap ke jalan. Tapi, yang paling penting untuk diawasi adalah berkembangnya virus penyakit di tengah masyarakat. Ini wajib menjadi perhatian serius. Dalam situasi seperti ini, virus penyakit dinilai cepat berkembang.

Kesehatan adalah hal mendasar bagi masyarakat. Lebih baik mencegah daripada melakukan perbaikan atau pengobatan. Menjaga kesehatan adalah hal penting. Soalnya, jika sudah sakit, biaya untuk berobat cukup mahal. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar