139 Jirigen Tuak Diamankan

Polisi Ringkus Pemasok Tuak ke Batam

Sebanyak empat mobil jenis pick up yang mengangkut 139 jirigen minuman tuak diamankan di Mako Polres Bintan.

BINTAN (HK) - Satreskrim Polres Bintan meringkus enam orang berinisial Prd, Np, Sjk, Hp, Sj serta Sl. Mereka diamankan karena terindikasi sebagai pemasok minuman tuak ke Kota Batam melalui penyebrangan Kapal Roro Tanjunguban.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Adi Kuasa Tarigan, penangkapan keenam orang itu setelah pihaknya menerima laporan masyarakat soal aktifitas pengiriman minuman tradisional beralkohol yang dikemas pakai jirigen dan diangkut menggunakan pick-up ke Kota Batam.

Setelah diselidiki, pada Jumat (7/9) lalu, polisi kata Adi menjegat mobil pick-up warna hitam yang dikemudikan Sjk di Jalan Lintas Barat Simpang Kampung Tanah Merah, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan. "Ia (Sjk-red) bawa 31 jirigen yang berisi tuak. Lalu kita amankan," kata Adi, Minggu (9/9).

Tak lama, dugaan polisi kembali terbukti. Pick up warna hitam yang dikemudikan Prd juga dijegat. Dari penangkapan itu, polisi menemukan 38 jirigen yang diangkut Prd.

Adi menambahkan, selanjutnya tak lama kemudian anggota kembali juga memberhentikan mobil pick up warna merah yang dikemudikan AC membawa 48 jirigen berisi tuak. Serta mobil pick up warna putih yang dikemudikan AE mengangkut 22 jirigen tuak.

"Totalnya ada 139 jirigen tuak yang kita amankan dari penangkapan kemarin (Jumat-red)," sebutnya.

Barang bukti ratusan jirigen berisi minuman tuak serta 4 mobil pick up yang digunakan untuk mengangkut digiring ke Mako Polres Bintan.

Adi menyampaikan, polisi menggunakan Pasal 16 ayat 1 Juncto 8 ayat 1 dan 3 Juncto Pasal 4 Perda Kabupaten Bintan Nomor 6 Tahun 2011 tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol. "Terus kita dalami perkaranya," kata Adi lagi. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar