Persyaratan Mudah dan Biaya Terjangkau

Kasatlantas Imbau Masyarakat Buat SIM

BATAM (HK) - Masyarakat Kota Batam yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), begitu juga yang masa berlaku SIM akan berakhir, diimbau untuk segera melakukan pembuatan SIM atau perpanjangan. Sebab menurutnya persyaratan pembuatan SIM sangatlah mudah dan biaya terjangkau.  

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kasatlantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati karena masih banyak warga yang enggan melakukan pengurusan SIM, karena masih adanya pemahaman bahwa pembuatan SIM memerlukan waktu lama, banyak syarat dan biaya mahal.

"Warga yang belum punya SIM, segera lakukan pengurusan. Cukup membawa e-KTP asli, foto copy e-KTP, surat kesehatan dan tentunya lulus tes teori dan praktek," ungkap Kompol I Putu Bayu Pati ke awak media, Selasa (11/9).

Selain persyaratannya mudah, menurutnya prosesnya juga terbilang mudah, cukup mengisi formulir, melakukan pembayaran PNPB SIM di loket BRI yang telah disediakan, serta mengambil nomor antrian (antrian foto). "Setelah itu melakukan foto dan sidik jari. Dan terakhir adalah mengikuti ujian teori dan praktek yang menyatakan lulus apa tidaknya," terangnya.

Dilanjutkan Kompol I Putu, perpanjangan SIM hampir sama dengan membuat SIM baru. Bagi warga yang akan perpanjangan SIM tidak perlu melakukan test teori dan praktek, tapi cukup melengkapi juga E-KTP asli, Foto copy KTP, surat kesehatan asli, dan pastinya membawa SIM Asli.

Namun bagi, khusus SIM Au, BI, Biu, BII, dan BIIu. Atau warga yang melakukan peningkatan atau ahli golongan, menyertai persyaratan E-KTP asli, foto copy KTP, surat kesehatan asli, SIM asli, dan sertifikat klinik pengemudi, serta foto 3x4 merah 2 lembar.

"Nah, bagi warga yang mengurus SIM hilang atau duplikat syaratnya, KTP asli, foto copy KTP, surat kesehatan asli, menyertakan sertifikat pengemudi khusus SIM Au, BI, Biu, BII, dan BIIu," ujarnya.

Menurut Kompol I Putu Bayu, bila ada warga yang mengurus SIM dan perpanjangan SIM namun bukan warga Batam bisa menyertakan surat domisili atau menggunakan e-KTP. Tapi harus melihat dulu daerah mana yang sudah menggunakan sistem online.

"Kalau di Polresta sudah online. Ingat kalau perpanjang SIM. Harus masih berlaku, kalau sudah tidak berlaku sama halnya dengan membuat ulang," sebutnya. Untuk mengurus SIM baru maupun memperpanjang SIM, warga Batam bisa langsung ke Mapolresta Barelang dan SIM Corner di Mega Mal serta sejumlah pusat perbelanjaan yang ditunjuk. (put)




[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar