Tajuk

Daya Tarik Batam

Ada tiga sektor unggulan yang disampaikan Badan Pengusahaan (BP) Batam dalam menggaet investor untuk menanamkan modalnya ke daerah ini. Tiga unggulan itu yakni, Batam sebagai pusat perdagangan dan logistik, lalu, Batam sebagai kota pariwisata, dan, Batam memiliki sektor perawatan dan perbaikan pesawat.

Secara kasat mata, ketiga sektor itu memang tengah dikembangkan oleh Batam. Dapat dilihat, sebagai kota perdagangan, Batam begitu kental dengan aroma perdagangan. Hal ini dikarenakan daerah ini berada di kawasan strategis, berdekatan dengan sejumlah negara-negara maju di Asia. Untuk pariwisata, sejak beberapa waktu terakhir, sektor ini terus digesa lewat program-program dan kegiatan yang tidak hanya mendatangkan turis mancanegara, tapi juga wisatawan lokal. Yang ketiga, dapat dilihat, di kawasan Bandara Hang Nadim Batam telah dibuka sejumlah hanggar pesawat. Kehadiran hanggar ini secara langsung telah menunjukan jika Batam memiliki kecanggihan teknologi dan SDM yang mumpuni untuk sektor ini. Bahkan, lewat hanggar ini, diharapkan sebagian perawatan dan perbaikan pesawat dalam negeri bisa dilakukan di Batam.

Apa yang dimiliki Batam saat ini merupakan upaya untuk mengembalikan kejayaan daerah ini seperti waktu-waktu sebelumnya. Diketahui, pada era 90-an s.d era 2000-an, Batam dikenal sebagai salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi. Bahkan dipakai sebagai barometer pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebagai daerah industri, kota ini juga begitu dinamis. Percepatan pembangunan dan ekonomi kala itu begitu cepat. Tak heran, jika banyak yang mengibaratkan Batam sebagai gula.

Namun, seiring perjalanan waktu ditambah terpaan sejumlah persoalan global, kondisi Batam mulai mengalami kendala. Pertumbuhan ekonomi merosot tajam, daya beli menurun, dan banyak pekerja yang dirumahkan. Kondisi itu tidak membuat pemangku kebijakan di Batam diam diri. Berbagai langkah dilakukan untuk membangkitkan Batam seperti waktu dulu.

Tiga sektor yang disampaikan BP Batam itu dinilai tepat dan sesuai dengan era kekinian. Sekarang, bagaimana tiga sektor itu benar-benar dapat dirasakan langsung oleh kalangan investor. Ini butuh kerja keras juga. Untuk kerja keras ini, perlu dukungan seluruh pihak. Agar visi dan tujuan untuk mengembalikan Batam ke fase kemajuan bisa sama, komunikasi dan koordinasi seluruh pihak harus dilakukan secara baik dan intens.

Kalau kembali ke era 90-an s.d 2000-an, semua pihak bergerak. Dan diharapkan, untuk saat ini, semua pihak bisa disatukan guna membawa Batam ke arah yang lebih baik. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar