Tanjung Pinang

Dewan Dorong Percepatan Perda Wilayah Pesisir

TANJUNGPINANG (HK)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri mendorong percepatan pengesahan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil RZWP3K Provinsi Kepri.

Pasalnya, Perda ini diharapkan menjadi angin segar dalam upaya pemanfaatan dan pengelolaan wilayah kepulauan di Kepri. Hal ini disampaikan Juru bicara Partai PDI-Perjuangan Sahat Sianturi pada penyampaian pandangan fraksi-fraksi di DPRD Kepri terkait pembahasan Perda RZWP3K di Kantor DPRD Kepri Dompak, Kamis (13/9).

"Kami dari Fraksi PDIP setuju untuk mendukung adanya pembahasan Perda RZWP3K ini," ujar Sahat.

Pasalnya, melalui Perda ini diharapkan menjadi pedoman dalam perencanaan pengelolaan kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil. "Apalagi Kepri memiliki 98 persen wilayah lautan dan hanya 2 persen daratan, sehingga pantasnya Perda ini dibentuk," tegas Sahat.

Sehingga memudahkan baik masyarakat, pengusaha dan instansi dalam mengelola kawasan pesisir pantai hingga 12 mil dari garis pantai.

Senada dengan Sahat, Juru bicara Fraksi Hanura Plus, Rudi Chua juga mendukung disahkannya Perda RZWP3K di Provinsi Kepri ini. "Ini dapat menjadi RTRW kawasan pesisir, sehingga menjadi pedoman dalam pengelolaan lingkungan pesisir," ujar Rudi.

Ini salah satu upaya yang efektif untuk memaksimalkan pengelolaan potensi kemaritiman tersebut. "Sehingga dengan begitu, dapat meningkatkan PAD Kepri serta  dapat mengurangi konflik pemanfaatan pengelolaan kelautan tersebut," tegas Rudi.

Sehingga dengan begitu, pengelolaan dan pemanfaatan wilayah pesisir dan pulau-pulau ini dapat menciptakan pemerataan pembangunan yang signifikan. "Yang tidak langsung mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan PAD Kepri," tegas Rudi.(cw99)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar