Tajuk

Memaksimalkan Pulau Penyangga di Batam

Target dua juta wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Batam sampai akhir 2018, dipercaya akan bisa diraih oleh Batam. Target ini akan bisa dicapai karena, jelang akhir tahun ini, masih banyak kegiatan yang akan diselenggarakan di kota ini. Jika itu tercapai, maka jumlah kunjungan wisman ke Batam dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Untuk mendapatkan target jumlah kunjungan wisman yang dicanangkan setiap akhir tahun sebelumnya, rasanya tidaklah sulit dengan kondisi Batam saat sekarang. Tapi, bagaimana agar wisman itu bisa berkunjung dalam kurun waktu yang lama, inilah tugas yang harus dikerjakan bersama.

Tidak dapat dipungkiri, kunjungan wiswan ataupun wisatawan lokal di Batam, belum lagi sesuai harapan banyak pihak, khususnya yang bergerak di bidang pariwisata di Batam. Sebab apa? Rata-rata wisman atau turis lokal berkunjung dalam waktu singkat. Mereka datang hanya karena ada acara. Selesai itu, mereka segera balek. Jadi tak heran, pertumbuhan ekonomi dari sektor ini masih minim.

Para wisatawan belum mau berlama-lema di kota ini karena memang belum ada yang membuat mereka tertarik untuk berkunjung dalam waktu lama. Memang ada acara, tapi, itu juga tidak lama.

Solusinya, Pemerintah Kota Batam telah berupaya dan mengajak masyarakat di daerah-daerah pesisir untuk mendukung dunia pariwisata di Batam dengan meminta penduduk di daerah pesisir menyediakan rumah-rumah yang bisa dimanfaatkan oleh wisata untuk menikmati wisata pesisir atau bahari di Batam. Lalu, Pemerintah Kota Batam juga ingin memanfaatkan pulau-pulau penyangga untuk mengembangkan wisata bahari, sebagai destinasi liburan bagi wisman.

Solusi yang ditawarkan itu dinilai cukup menarik dan dipercaya akan mampu memberi dampak positif bagi dunia pariwisata di Batam. Sekarang, program itu hendaknya difokuskan dan pengerjaan di lapangan juga harus serius.

Cukup banyak orang luar Batam mengakui jika pesisir dan bahari Batam sangat menarik. Namun, karena belum tergarap, menyebabkan belum memberi dampak terhadap dunia pariwisata Batam. Diharapkan, jika pulau-pulau penyangga di Batam ini dapat dikembangkan, dipercaya, akan banyak wisman yang berkunjung dan berlama-lama menikmati pesisir dan bahari di daerah ini. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar