Upaya Membebaskan Perumahan dari Ancaman Banjir

Warga Desak Perbaikan Drainase

Warga Perumahan Marina Green rapat di rumah Ketua RT setempat guna membahas langkah yang akan diambil mengatasi banjir.

BATUAJI (HK) -- Warga Perumahan Marina Garden, Central Raya dan Marina Green mendesak pihak pengembang atau developer untuk segera melakukan perbaikan sistem pembuangan air (drainase), yang diduga kuat menjadi penyebab utama terjadinya banjir selama ini di perumahan tersebut.

Seperti halnya kejadian banjir yang dialami warga di Perumahan Central Raya, Sumberindo dan Marina Green beberapa hari silam. Bahkan kondisi tersebut telah dialami oleh warga setempat sejak tiga tahun terakhir.

"Selama ini drainase induk banyak yang bermasalah. Begitu juga dengan masalah air laut pasang. Oleh karenanya kami mendesak dikerjakan sampai tuntas, jangan ada lagi yang namanya banjir," tegas Ketua RT 08 Perumahan Central Raya, Boyke ke Haluan Kepri.

Warga juga berharap agar normalisasi drainase ini tuntas hingga ke lokasi pembuangan akhir di pesisir pantai Marina, sehingga tak ada lagi banjir seperti yang sering terjadi selama ini.

Menanggapi permasalahan drainase, Ridwan Afandy, Camat Batuaji mengatakan, bahwa perbaikan drainase itu adalah dari Pemko Batam melalui Dinas Bina Marga dan saat ini tengah berjalan dan sudah sampai di perbatasan perumahan Sumberindo dan Marina Green.

"Untuk saat ini masih dalam proses pengerjaan. Itu akan segera tembus hingga pantai nanti. Cuma agak lambat karena pengerjaan harus benar-benar maksimal agar tidak lagi bermasalah kemudianya," kata Ridwan.

Ridwan juga mengakui, normalisasi induk drainase yang dilakukan Pemko Batam di wilayah Batuaji sudah sangat maksimal. Seperti lokasi-lokasi rawan banjir seperti di perumahan Kodim kelurahan Buliang dan depan perumahan Sierra kelurahan Bukit Tempayan sudah diatasi.

"Drainase induknya disana sudah dinormalisasi. Pengerjaannya sudah diatasi. Memang belum semua tapi pengerjaan masih terus berjalan seperti yang saat ini di kawasan Tanjung uncang," pungkasnya.

Camat Batuaji menghimbau kepada pihak developer untuk segera membenahi sistem drainase di setiap perumahan yang mereka bangun yang terkena dampak banjir susulan. "Tadi kami sudah diskusi dengan pengembang dari perumahan Central Raya dan mereka menyanggupi untuk membenahi sistem drainase perumahan mereka," ujar Ridwan.

Diakui Ridwan, memang banyak drainase perumahan di wilayah Batuaji yang bermasalah, dan itu merupakan tanggung jawab pihak developer. Hal itu terjadi karena drainase yang disediakan pengembang kurang lebar dan tak sesuai aturan standart, sehingga dengan sekejap saat hujan lebat banjir pun mulai menyerang warga.

"Untuk perumahan central raya yang semula lebarnya hanya 40 centimeter akan dilebari hingga 60 centimeter. Ini sudah disepakati dan seminggu kedepan sudah mulai dikerjakan," ujar Ridwan. (ded)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar