Kodim 0316-Pemko Batam

Doa Bersama dan Penggalangan Dana

Dandim 0316 Batam Letkol Inf Romel Jangga Wardhana, Walikota Batam Muhammad Rudi, Ketua DPRD Batam Nuryanto dan undangan di acara doa bersama dan penggalangan dana di Masjid Raya Batam.

BATAM (HK) -  Kodim 0316 Batam bersama Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar doa bersama dan penggalangan dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi, dan Lombok, Rabu (10/10), di Masjid Raya Batam Center.

Dijelaskan oleh Komandan Kodim 0316 Batam, Letkol Inf Romel Jangga Wardhana bahwa kegiatan doa dan penggalangan dana tersebut tidak hanya digelar oleh Umat Muslim, tapi juga umat yang lain dengan menyesuaiakan tempatnya.

Dirincikan, bahwa yang beragama Protestan menggelar doa bersama di Gereja GBIB Imannuel, Katolik di Gereja Katolik Santo Damian di Greentown, Agama Hindu menggelar doa besama di Pura Agung Amerta Buana, serta Agama Budha di Vihara Duta Maitreya Seipanas.

"Bukan hanya Umat Muslim, tapi ini doa serentak seluruh agama yang ada, misalnya Muslim di Masjid Raya, Kristen Protestan di Gereja GBIB Immanuel dan seterusnya," ungkap Dandim ke awak media. Tidak hanya di Batam, doa dan penggalangan dana tersebut juga digelar serentak di wilayah Korem 033 Wira Pratama Kepri, yakni meliputi seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri.

TNI dalam hal ini, lanjutnya, merupakan semua tugas untuk turut serta meringankan beban korban. "Kami TNI berkewajiban ikut serta meringankan beban masyarakat yang terkena bencana. Karena memang TNI harus hadir di tengah-tengah masyarakat," ungkap Komandan Kodim Batam ke awak media.

Penggalangan dana tidak hanya terbatas uang cash, tetapi juga bisa dilakukan dalam bentuk pakaian, bekal dan juga makanan yang nantinya akan dikirim langsung ke Palu. "Internal Kodim Batam sudah menggalan dana Rp50 juta lebih. Kami berharap penggalangan dana ini bisa kami lanjutkan," terangnya.

Senada disampaikan Walikota Batam, Muhammad Rudi, bahwa doa bersama dan penggalangan dana tersebut sebagai wujud kebersamaan untuk bersama-sama memberikan yang terbaik untuk masyarakat Palu. "Kegiatan ini diprakarsai oleh Makodim, harapannya apa yang dicita-cita tercapai," jelasnya.

Menyikapi bencana gempa dan tsunami di Palu, kata Walikota, pihaknya juga mengimbau instansi pemerintah dan juga pengusaha ikut bersama-sama menggalang bantuan untuk korban. "Saya sudah menyurati beberapa perusahaan agar juga ikut menggalang dana," kata Rudi. (ays)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar