Semua Penumpang Kapal Fery VOC Selamat

Semua Penumpang Kapal Fery VOC Selamat

Semua Penumpang Kapal Fery VOC Selamat

 

BINTAN (HK) - Humas KPLP Tanjungpinang, Sukatno memastikan seluruh penumpang kapal Fery VOC Batavia yang bertabrakan dengan Kapal Tanker Pasific Crown (sebelumnya ditulis Pasific Blue Power) dalam kondisi selamat.
Pihaknya, kata dia, mengerahkan Kapal KN Rantos P210 untuk mengejar posisi kapal VOC Batavia pasca mendengar informasi kecelakaan.

"Kondisi kapal tidak mengalami kerusakan pada bagian mesin hanya rumah kapal dan reling kapal saja yang rusak," tuturnya saat dihubungi.

Saat ini, ferry tersebut mulai bergerak dari lokasi kejadian menuju pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sesuai tujuan Tarempa-Tanjungpinang.

Dari foto-foto yang cepat beredar di media sosial, kapal VOC Batavia mengalami kerusakan akibat benturan keras dengan kapal tanker.

"Kapal saat ini sudah memasuki Tanjungpinang. Karena kecepatan masih normal," kata Katno.

Sementara itu, Kepala Basarnas Tanjungpinang Budi Cahyadi menjelaskan kronologis kejadiannya. Awalnya, kata dia, kapal ferry itu memacu kecepatannya 23 knot dengan jarak pandang ke laut 700 meter.

Sekitar pukul 13.14 WIB, kata Budi, pada jarak pandang 500 meter sudah terlihat ada kapal tangmker MT Pasific Crown. "Pada jarak 100 meter, nahkoda kapal mengurangi kecepatan sampai akhirnya terjadi benturan (tabrakan)," terang Budi.

Lebih lanjut, kata dia, salah seorang penumpang, yakni Ta'ali yang kebetulan sedang berada diarea lambung kiri kapal langsung tercebur  ke laut. "Tapi langsung diselamatkan, karena kapal langsung putar haluan untuk menolong penumpang yang terjun," tukasnya. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar