Tajuk

Berhati-hati Aktifitas di Laut

Perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir kembali diingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam. Perubahan cuaca ini lebih ditujukan pada mereka yang melakukan aktifitas di daerah perairan. BMKG
mengingatkan transportasi laut dan yang melakukan aktifitas di daerah laut agar berhati-hati. Sebab, berdasarkan pantauan, arus laut diprakirakan cukup kuat di seluruh wilayah perairan Kepri.

Secara umum, BMKG menyampaikan, kondisi cuaca bisa mengalami hujan lebat atau sedang yang bisa disertai petir dan angin kencang. Cuaca kurang buruk itu diprediksi akan terjadi di seluruh wilayah Kepri. Ombak diperkirakan mencapai 0,1 sampai 1 meter untuk laut Batam, Tanjung Pinang, Bintan dan Lingga. Sedangkan untuk perairan Anambas dan Natuna bisa mencapai 1,0 sampai 4,0 meter tinggi gelombangnya.

Peringatan yang disampaikan ini harus menjadi perhatian besar masyarakat khususnya yang melakukan aktifitas di wilayah laut. Soalnya, saat akhir-akhir tahun seperti sekarang, cuaca di wilayah Kepri kerap mengalami perubahan yang signifikan. Pagi cuaca cerah, namun jelang siang bisa terjadi hujan dan disertai hujan. Demikian pula sebaliknya.

Peringatan yang disampaikan pihak berkompeten ini diharapkan menjadi perhatian masyarakat. Soalnya, sebagian masyarakat di Kepri melakukan aktifitasnya di daerah perairan, mulai dari mencari ikan hingga mengunjungi daerah lain dengan menggunakan transpotasi air.

Menyikapi kondisi ini, tidak salah jika kembali diingatkan untuk selalu waspada dan melengkapi seluruh syarat saat melakukan aktifitas di lautan, seperti life jacket, kapal yang sehat, termasuk sarana komunikasi yang baik. Untuk sarana transportasi diharapkan mematuhi peraturan yang ada selain seluruh syarat ketika melakukan pelayaran yakni jangan membawa penumpang melebihi kapasitas angkut.

Dalam kondisi seperti sekarang, semua pihak khususnya yang bersinggungan dengan aktifitas di lautan diminta untuk saling mengingatkan. Jika memang cuaca tidak layak untuk dilakukan pelayaran, jangan dipaksakan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengalaman sudah mengajarkan, jelang akhir tahun seperti sekarang, cuaca di Kepri kerap mengalami perubahan drastis. Sebab itu, pengalaman itu hendaknya menjadi acuan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktifitas di laut kalau cuaca tidak baik. Mari tingkatkan kewaspadaan saat beraktifitas di lautan. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar