Sesi Pertama Diikuti 47 Peserta

Tak Satupun Lulus Tes CPNS

Peserta tes CPNS pada sesi pertama saat mengikuti tes SKD berbasis CAT digedung kantor BKPPD Bintan.

BINTAN (HK) - Hasil tes pada sesi pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diikuti 47 orang di Kabupaten Bintan tak satu pun peserta lulus. Kegiatan tes CPNS ini diadakan di Kantor BKPPD Bintan, Jumat (2/11).

Dari hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) bisa langsung dilihat peserta lewat monitor LED yang sengaja dipasangan diluar gedung untuk mengetahui nilai-nilai yang diraih para peserta.

Dari 50 peserta terdaftar, namun hanya 47 pelamar yang hadir ikut tes. Para peserta ini menjalani tiga materi yang diujikan dalam SKD, diantaranya tes wawasan kebangsaan (TKW) nilai minimal yang harus diraih 75 point. Sedangkan untuk materi tes intelegensia umum (TIU) nilai minimal 80 point, serta untuk materi tes karateristik pribadi (TKP) nilai minimalnya harus diatas 143 point.

Seorang peserta yang keluar paling awal mengutarakan, kesulitannya menjawab soal-soal yang diujikan. Ia hanya mampu meraih total nilai 226 point. "Susah, apalagi TIU. Itu kombinasi soalnya matematika," tutur pria itu. Ia pasrah dengan hasil yang ia peroleh. Dirinya mengaku, kini harus fokus kembali bekerja dibidang swasta. Peruntungan untuk menjadi seorang abdi negara pupus sudah.

Kekecewaan lain muncul dari seorang wanita yang keluar setelah mengisi soal-soal ujian. Perempuan itu mengaku datang dari Batam untuk ikut tes di Bintan. Namun, soal-soal yang diujikan memang sulit. "Cuman hasil TIU aja yang nilainya diatas passing grade. TWK sama TKP saya gak lulus," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi Kepegawaian BKPPD Bintan yang juga bagian dari panitia, Ami Rofian, menerangkan ketiga peserta yang tak hadir otomatis dianggap gugur. Untuk sesi pertama yang digelar Jum'at pagi, belum menampakkan hasil yang baik. "Sementara belum ada nilai peserta yang diatas passing grade yang sudah ditetapkan," tuturnya.

Hari pertama ujian, pihak panitia menggelar sebanyak 3 sesi hingga pukul 6 sore. Pelamar yang dinyatakan lulus bisa langsung mengetahui hasilnya dilayar LED yang sudah terkoneksi langsung dengan perangkat untuk ujian. "Bisa dilihat langsung, lulus atau tidaknya. Lengkap dengan nilai-nilainya," tutur Ami. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar