Tajuk

Isu Penculikan Anak

LH terduga pelaku penculikan anak di kawasan Botania I Batam Centre kini tengah diperiksa pihak berwajib. Jamak disiarkan media di Batam, LH diamankan warga saat dia sedang menggendong balita berusia 1,3 tahun. Berdasarkan keterangan warga, LH akan melarikan balita yang luput dari penjagaan pengasuhnya. Setelah diperiksa, terduga pelaku bukan orang Batam karena diketahui dari dokumennya, dia berasal dari Jawa Barat.

Saat ini isu penculikan anak tengah marak tersebar di tengah masyarakat. Tidak hanya isu, berbagai foto pelaku dan anak-anak yang diduga korban penculikan juga beredar khususnya media sosial. Hal ini sontak membuat masyarakat khususnya yang memiliki anak kecil merasa ketakutan. Mereka begitu khawatir anak-anak mereka akan menjadi korban para pelaku. Ditambah lagi, isu tentang ini makin viral dengan adanya penampakan terduga pelaku.

Isu penculikan anak secara langsung telah memberi tekanan pada kalangan orang tua. Banyak yang merasa tidak nyaman. Tidak sedikit para orang tua kini bersikap lebih protektif, terutama pada anak-anaknya yang balita. Begitu pula pada anak mereka yang masih sekolah dasar.  

Keresahan yang dirasakan oleh kalangan orang tua saat ini hendaknya segera dicarikan solusinya oleh pihak terkait. Sebab, kalau hal ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan para anak-anakpun akan juga merasa takut dan tidak nyaman. Kalau sudah begitu, ketakutan akan terus menghantui para orang tua dan anak-anak.

Isu penculikan telah menambah beban para orang tua dan juga masyarakat. Isu ini tidak hanya meresahkan, tapi juga menumbuhkan rasa kecurigaan di tengah masyarakat. Orang-orang yang tidak dikenal langsung dicurigai akan melakukan tindakan yang dikhawatirkan masyarakat. Dan lagi, isu juga dikhawatirkan akan memberi efek yang tidak baik bagi personal orang. Orang yang tidak bersalah, bisa-bisa menjadi korban kalau masyarakat salah menilainya.

Oleh karena itu, isu inni hendaknya segera disikapi. Jika memang benar ada pelakunya dan korban, sampai ke publik agar tidak terjadi simpang siur berita. Dan jika ada yang dengan sengaja menebarkan berita bohong, ini hendaknya juga ditindaklanjuti dengan sikap tegas.

Dalam suasana seperti sekarang diharapkan masyarakat jangan dibebankan lagi dengan tekanan psikologis dengan berbagai isu. Karena itu, pihak terkait diharapkan segera menyikapi kondisi ini agar masyarakat kembali tenang. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar