Bintan

Dari 1.351 Pelamar, Cuma 49 CPNS yang Lolos CAT

BINTAN (HK) - Seleksi Kompetensi Dasar (SDK) berbasis Computer Assisted Test (CAT) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bintan cuma 49 orang yang lolos. Total pelamar mencapai 1.351 orang.

Diduga passing grade kelulusan dipatok dalam seleksi tersebut dinilai terlalu tinggi. Sehingga ribuan CPNS tidak memenuhi standar.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan Adi Prihantara, soal-soal dan passing grade sudah menjadi tolak ukur yang tak bisa diganggu gugat. Sebab, panitia ditingkat pusat kata Adi menginginkan CPNS yang lulus berbekal ilmu pengetahuan diatas rata-rata.

"Kalau (Soalnya,red) sulit berarti anak-anak kita yang belum mampu melewati tes, makanya belajar dan terus belajar seiring perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat sehingga kita dituntut untuk bisa menyesuaikan," ujar Adi usai membuka rapat kerja camat, lurah dan kepala desa se-Bintan di Aula Kantor Bupati Bintan, Kamis (8/11) pagi.

Saat ditanya minimnya pelamar yang lulus CAT, Adi mengatakan laporan akan disampaikan ke BKN dan Kemenpan-RB. Karena sambungnya, tes CPNS merupakan tahapan seleksi putra-putri terbaik yang akan mengabdikan wawasannya untuk NKRI.

Untuk itu apapun yang terjadi dalam tes, ambil yang terbaik. Nah ketika tidak memenuhi kompetensi dan kompetisinya maka dia tidak akan diambil. Kosong pak tidak ada formasinya, kita akan laporkan kembali. Bahwa formasi yang seperti ini tidak ditemukan.

"Untuk itu apapun yang terjadi dalam tes, ambil yang terbaik. Itulah arahan dari Kemenpan. Nah ketika tidak memenuhi kompetensi dan kompetisinya maka dia tidak akan diambil. Kita akan laporkan kembali. Bahwa formasi yang seperti ini tidak ditemukan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Mutasi Kepegawaian BKPPD Bintan yang juga panitia pelaksana tes CPNS Bintan, Ami Rofian melaporkan sejak hari pertama hingga hari kelima (Rabu-red). Sudah ada 1.400 pelamar yang mengikuti ujian CAT.

"Tesnya hingga Sabtu (10/11) besok. Kalau laporan sampainya baru 49 pelamar yang dapat nilai diatas passing grade dan dinyatakan lulus CAT," sebut Ami.

Ia juga menyampaikan kalau pelaksanaan tes CPNS selalu berjalan lancar. Tidak ada kendala berarti yang merusak pelaksanaan tes CAT di Bintan. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar