Batam

Pelajar SMAN 5 Batam Diajarkan Wirausaha Sejak Dini

BATAM (HK) - Menumbuhkan jiwa wirausahawan sejak dini terutama pada usia pelajar membuat tumbuhnya pribadi kreatif dan kaya akan inovasi dalam menghadapi rintangan dan tantangan hidup. Hal inilah yang sedang dikembangkan SMAN 5 Batam yang telah ditunjuk dengan Program Kewirausahaan Sekolah.

Konsep dari kewirausahaan ini terus berkembang. Malah para siswa cukup semangat mengikuti kegiatan tersebut. Begitu pula dengan guru, cukup getol mengajarkan trik-trik menyiasati wirausaha tersebut.

Kepala Sekolah SMAN 5 Batam, Bahtiar MPd mengatakan, bahwa kewirausahan merupakan suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi para siswa dan orang lain. Karena jiwa kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha.

"Inilah yang kita bentuk pada riri siswa pribadi kreativitas yang terlatih sejak dini, termasuk melalui berbagai ajang dan kegiatan kewirausahaan, menjadi modal utama membangun produktivitas dan kemandirian pada anak didik kala ia masuk dan menginjak pada usia dewasa. Salah satu pembelajaran ajang wirausaha yang sudah ada dan menjadi pelajaran di sekolah," ujarnya, kemarin.  

Dijelaskan Bahtiar, bahwa para siswa di ajarkan membuat produk-produk yang bermanfaat dengan bahan-bahan bekas yang mewajibkan kreatifitas. Serta belajar dalam berkoperasi serta ambil bagian dalam pengelolaannya bisa dijadikan alternatif. Hal ini nantinya akan tumbuh jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), apabila siswa berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya itu.

Seperti saat ini di SMAN 5 Batam menerapkan progam keterampilan dan pengolahan kewirausahan. Penerapan materi kewirausahaan ini dimbaskan kepada sekolah lain, seperti saat Sosialisasi Kewirausahaan dihadiri beberpa sekolah, yakni  SMAN 17 Batam, SMAN 18 Batam, SMAN 19 Batam serta guru dan siswa di SMAN 5 Batam.

Dalam praktik kewirausahaan ini, SMAN 5 Batam juga mencoba memberikan kesempatan kepada anak didik untuk belajar berbisnis (berwirausaha) dimulai di lingkungan sekolah, serta tempat tinggalnya. Belajar wirausaha ini, kata Bahtiar tidak semata-mata berorientasi pada mencari uang. Melainkan lebih untuk melatih kemandirian, dengan mengandalkan kreativitasnya, yang mana tujuan utama melatih kewirausahaan sejak dini pada para siswanya. (men)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar