Batam

2.058 Peserta Ikuti TKMPN Ke-XXII 2018

Direktur Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Drs. Muhammad Zuhri Msi memukul gong menandai pembukaan (TKMPN) ke-XXII dan (IQPC) 2018.

BATAM (HK) - Sedikitnya 2.058 orang, yang terdiri dari 1.950 orang peserta dan 466 orang tim penyaji mengikuti kegiatan akbar Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-XXII dan International Quality and Productivity Convention (IQPC) 2018.

Acara yang diselenggarakan di Hotel Harmoni One Batam Centre, dari tanggal 27 November hingga 30 November mendatang, diselenggarakan oleh PT Wahana Kendali Mutu (WKM) berkerjasama Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktivitas Indonesia (AMMPI) yang didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Perindustrian serta Asian Productivity Organization (APO).

Dalam sambutannya, Direktur Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Drs. Muhammad Zuhri Msi mengatakan bahwa kegiatan TKMPN diharapkan mampu mendorong lahirnya karya-karya bermutu dan bermanfaat bagi organisasi, masyarakat serta negara. Kegiatan juga diisi dengan kegiatan Forum Manajemen, Forum Fasilitator, Quiz Cepat Tepat Mutu dan Kunjungan Industri.

"Produktivitas salah satu faktor yang mampu mendukung ekonomi nasional. Peningkatan kualitas dan Produktivitas menjadi salah satu instrumen penting yang tidak bisa ditawar-tawar lagi," terangnya disela-sela pembukaan berlangsung.

Selama lebih kurang 25 tahun ini, produktivitas Indonesia tumbuh 3.1 persen pertahun. Capaian ini tentu memberikan sinyal positif bahwa output yang dihasilkan oleh setiap pekerja semakin meningkat.

"Alhamdulillah, prestasi ini merupakan milik kita bersama, yang harus terus kita jaga bahkan lebih ditingkatkan lagi agar daya saing kita bisa sejajar dengan negara lain," katanya

Ditempat yang sama, Direktur Wahana Kendali Mutu, Damayanti mengatakan kegiatan TKMPN ini sebagai kegiatan tahunan yang sudah berlangsung selama 22 tahun secara berkesinambungan tanpa jeda. Dia menjelaskan, kegiatan ini adalah acara kompetisi presentasi dan demonstrasi keberhasilan suatu perusahaan dalam mengelola mutu dan produktivitas, baik antar perseorangan maupun antar kelompok dengan berbagai macam sistem manajemen.

TKMPN dan IQPC merupakan program yang dirancang dan ditujukan bagi pimpinan puncak dan menengah, yang mana tujuannya untuk saling bertukar pandangan dan pengalaman untuk memperluas dan memperkaya kiat-kiat pengelolaan perusahaannya.

Kedua ditujukan kepada karyawan, adapun tujuannya untuk menampilkan hasil karyanya dalam hal peningkatan mutu serta menyaksikan karya-karya terbaik dari karyawan di perusahaan lain.

Tujuan ketiga kepada mahasiswa dan dosen, keduanya juga diberi kesempatan untuk menampilkan karya ilmiah yang telah dihasilkan dan sekaligus dapat menyaksikan perkembangan upaya peningkatan mutu di dunia industri. Terakhir program ini ditujukan kepada pemerhati mutu, yakni mendapatkan masukan tentang kegiatan mutu sehingga kian memperluas wawasan tentang konsep dan prospek manajemen mutu.

"Untuk masyarakat yang ingin melihat acara TKMPN dan IQPC ini silahkan datang kesini, karena panitia juga menggelar bazar produk-produk unggulan dari peserta," tutupnya (cw62)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar