Korupsi Pengadaan Pompong Disdik Lingga

Jifrizal Divonis 1.8 Tahun

Suasana jalanya sidang vonis putusan kasus pengadaan sarana transportasi pompong Disdik Lingga di pengadilan Tipikor Tanjung Pinang.

LINGGA (HK)- Setelah menjalani sidang 14 kali secara marathon, akhirnya kasus korupsi pengadaan pompong sarana transportasi laut untuk anak sekolah di Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga, dengan tersangka Jifrizal diputuskan.

Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi di Tanjungpinang akhirnya memvonis tersangka dengan hukuman 1 tahun 8 bulan kurungan penjara.

Sebelumnya dalam dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU), tersangka Jifrizal dituntut 1 tahun 6 bulan. Namun dengan berbagai pertimbangan dalam amar putusannya, majelis hakim yang di pimpin Hakim Ketua majelis Santonius Tambunan, SH, MH bersama dua anggota majelis hakim yakni, Iriaty Khairul Ummah, SH dan Yon Efri, SH, MH sepakat memutuskan tersangka bersalah dengan hukuman lebih tinggi dari tuntutan JPU.

"Terdakwa Jifrizal dinyatakan bersalah dan terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan subsider. Selanjutnya menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 1 tahun 8 bulan," kata majelis hakim yang membacakan putusan secara bergantian, Jumat (30/11).

Selain itu, majelis hakim juga memutuskan denda terhadap terdakwa Jifrizal sebesar Rp50 juta atau diganti dengan subsider 1 bulan kurungan.

"Sedangkan barang bukti dari kasus ini digunakan dalam perkara lain atas nama Henerti yang menjatuhkan biaya perkara sebesar Rp5000," kata Ketua Majelis Hakim, Santonius tambunan, SH, MH saat membaca putusan.

Atas putusan tersebut penasehat hukum terdakwa mengambil sikap pikir-pikir dan JPU Primayudha Yutama juga mengambil sikap yang sama. Sedangkan dengan putusan majelis hakim tersebut mengambil alih sepenuhnya pertimbangan JPU.(jfr)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar