Tajuk

Menambah Destinasi Pariwisata

Tahun 2018 akan segera berakhir. Dan semua bersiap menyambut kedatangan tahun 2019. Selama tahun ini, sangat banyak program dibuat untuk meningkatkan ekonomi daerah. Salah satunya sektor pariwisata. Diketahui, sejak dua tahun terakhir, pasca melemahnya kondisi ekonomi global, pariwisata mulai dicanangkan untuk menjadi sektor peningkatan ekonomi. Dan bermacam program dibuat. Dan sudah cukup banyak program yang telah dilaksanakan.

Salah satu tujuan dari program pariwisata tersebut adalah mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak mungkin ke Batam. Berdasarkan target akhir tahun lalu, selama 2018 ini, sebanyak dua juta wisawatawan mancanegara diharapkan datang ke Batam. Namun dari gambaran hingga akhir November 2018, target tersebut dinilai akan sulit tercapai.

Menurut Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Batam, tidak tercapainya target tersebut disebabkan adanya sejumlah faktor, yang salah satunya adalah, para wisatawan berkunjung ke Batam hanya saat akhir pekan saja (weekend). Sementara pada hari biasa (weekday) dinilai masih minim. Dan wisatawan yang datang tersebut sebagian besar dari mereka hanya untuk belanja, pergi ke Massage, serta SPA. Sementara untuk berkunjung ke lokasi destinasi wisata lainnya dinilai masih sangat minim.

Kalau dilihat secara kasat mata, hal ini memang sebuah fakta. Saat akhir pekan, pusat-pusat perbelanjaan di Batam memang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Mereka biasanya datang pada Jumat sore, atau sabtu pagi. Lalu bermalam di Batam. Dan pada Minggu sore mereka kembali lagi ke negara masing-masing.

Di pusat-pusat perbelajaan di Batam ini diakui oleh sebagian wisatawan, mereka bisa berbelanja dengan harga yang dinilai lebih murah dari negaranya. Tidak sedikit dari mereka yang berbelanja membawa keluarga atau dalam rombongan yang cukup.

Hal itu secara langsung memang bisa mendatangkan keuntungan besar bagi Batam. Namun hal yang disampaikan di atas juga harus dicarikan solusinya agar kunjungan wisatawan tidak hanya banyak di akhir pekan, tapi juga banyak pada pertengahn pekan atau hari biasa.

Untuk hal ini, harus ada usaha untuk mencari destinasi yang menarik bagi para wisatawan tersebut. Kalau boleh disebutkan, kawasan pesisir dan resort-resort merupakan salah satu destinasi yang dinilai bisa mendatangkan wisatawan pada hari biasa. Karena memang ada wisatawan yang cenderung berkunjung pada hari itu.

Untuk lebih terarahnya, tidak salah pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata Batam melakukan diskusi dengan para pelaku pariwisata di Batam guna mencari solusi terbaik. Jika memang ada destina yang cocok dibuat untuk hari biasa, maka bisa digarap bersama. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar