Tajuk

Awas Gelombang Tinggi

Perubahan cuaca di perairan Kepri sudah mulai diwaspadai. Soalnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang telah merilis info awal pekan ini bahwa tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,5 hingga 3 meter selama seminggu ke depan. Wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam, Lingga, Bintan dan Tanjungpinang tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1,5 meter. Sementara itu, di perairan Anambas dan Natuna gelombang laut ditaksir bisa mencapai 2 hingga 3 meter.

Dijelaskan, tingginya gelombang diperairan Kepri disebabkan pertemuan massa udara di sekitar wilayah Kepri. Hal itu menimbulkan pertumbuhan awan konvektif seperti Cumulonimbus (CB) yang kemudian menyebabkan terjadinya hujan lokal disertai petir.

Melihat kondisi ini, sangat wajar jika masyarakat khususnya mereka yang melakukan aktifitas di daerah perairan untuk selalu mengedepankan kewaspadaan. Masyarakat apalagi mereka yang menggunakan transportasi laut yang akan melakukan aktivitas penyeberangan antarpulau juga diimbau senantiasa mengupdate perkembangan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG. Ini bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Peringatan ini hendaknya terus menjadi perhatian seluruh masyarakat. Soalnya, saat akhir tahun seperti sekarang, wilayah Kepri memang mengalami musim hujan yang kerap diikuti dengan angin kencang, petir, dan gelombang tinggi.

Jamak diingatkan, perubahan cuaca seperti ini sudah menjadi langganan bagi masyarakat di Kepri. Karena itu, segala hal yang pernah terjadi, diharapkan menjadi pelajaran yang berharga. Selain itu, perubahan cuaca seperti sekarang juga kerap terjadi dalam waktu cepat. Kadang ketika pagi hari cuaca cerah, jelang siang tiba-tiba muncul awan yang diiiringi hujan dan angin kencang.

Disamping faktor keselamatan, faktor kesehatan juga wajib menjadi perhatian. Pergantian cuaca juga kerap membawa efek pada kesehatan. Karena itu, selain keselamatan, kesehatan hendaknya juga menjadi perhatian serius.

Dalam kondisi saat ini, yang utama adalah tetaplah mengedepankan kewaspadaan, dan selalu berpikiran positif terhadap perubahan cuaca yang begitu cepat. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar