Tajuk

Agenda Pariwisata Kepri

Sejak Batam dan Kepri dicanangkan sebagai kota destinasi wisata di Indonesia, berbagai program dan agenda telah diwujudkan. Hal itu dibuktikan pada 2017 ada sekitar 80 iven yang diselenggarakan. Lalu, pada 2018 ini ada sekitar 110 agenda dengan 96 iven yang berhasil dilaksanakan.

Menjadikan daerah ini sebagai kota tujuan wisata bukan tanpa alasan. Karena, Batam dan seluruh daerah di Kepri dinilai memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Selama ini potensi itu belum digarap secara baik. Dan sejak dua tahun terakhir perhatian terhadap sektor ini begitu difokuskan. Ini ditunjukan dengan adanya puluhan agenda pariwisata. Selanjutnya, sejak kondisi industri mengalami kelesuan beberapa waktu terakhir, sektor pariwisata diplot sebagai sektor yang bisa menjadi salah satu andalan.

Tidak dapat dipungkiri, sebagai wilayah dengan daerahnya perairannya begitu luas, Kepri menyimpan begitu banyak pesona. Ditambah lagi, kebudayaan yang ada di sini juga begitu menarik untuk ditampilkan. Dan masyarakat luar sangat suka dengan potensi tersebut.

Berdasarkan data yang disampaikan Dinas Pariwisata Kepri seperti yang dirilis media, pada tahun depan, puluhan agenda pariwisata sudah dirancang. Dan jelang akhir tahun ini, masih ditunggu program dan iven-iven yang akan diselenggarakan oleh masing-masing kota dan kabupaten di Kepri.

Melihat banyaknya agenda yang diselenggarakan dalam dua tahun terakhir, ada semacam rasa optimis jika jumlah wisatawan akan banyak berkunjung ke daerah ini. Hal itu diharapkan dapat memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah.

Namun, sejumlah pihak mengatakan, banyaknya iven yang diselenggarakan memang merupakan hal yang baik. Tapi, alangkah baik pula jika iven yang diadakan itu benar-benar iven yang memberikan kesan mendalam pada wisatawan. Dengan kata lain, iven yang diselenggarakan memang yang berkualitas.

Hal ini sudah dijawab oleh Dinas Pariwisata Kepri. Dikatakan, seluruh iven yang diselenggarakan selama tahun ini merupakan kegiatan yang mendunia. Buktinya, tidak hanya wisatawan, peserta dari iven yang diselenggarakan banyak diikuti oleh kalangan luar negeri seperti Asia, Eropa, dan lainnya.

Semua tentu berharap, sektor pariwisata yang kini digalakan, benar-benar bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Untuk mencapai itu tentu perlu dukungan seluruh pihak. Dukungan itu tentu juga tidak lepas dari keaktifan penyelenggara merangkul seluruh pihak untuk sama-sama memajukan pariwisata di daerah ini. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar