Natuna

Penagi Jadi Kampung Tertib Lalulintas

Satlantas Polres Natuna bersama menyepakati Kampung Tua Penagi menjadi percontohan tertib lalu lintas.

NATUNA (HK) - Masyarakat Penagi, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur sepakat wilayahnya dijadikan percontohan kampung tertib lalulintas. Kesepakatan ini tercipta saat Satlantas Polres Natuna menawarkan program tersebut kepada masyarakat Penagi.

“Kita ingin jadikan Penagi jadi percontohan kampung tertip lalulintas. Karena kita nilai masyarakatnya mayoritas telah tertib berlalulintas,” ujar Kasatlantas Polres Natuna, Iptu Zubaidah saat menggelar temu ramah di Rumah Baca, Penagi, Rabu (5/12).

Untuk mewujudkan program tersebut, Iptu Zubaidah akan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam hal pengurusan SIM atau surat kendaraan bermotor. “Kemudahan artinya tetap juga melalui prosedur yang benar. Cuma kita beri kesempatan mereka untuk belajar melakukan tes ketangkasan berkendara motor di Polres,” terang Zubaidah.

Dalam kesempatan tersebut, Zubaidah juga memberikan kesempatan buat masyarakat untuk mengajukan pertanyaan seputar berkendaraan yang baik dan benar.

Dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepadanya bila ada oknum melakukan pemungutan liar (pungli) dalam proses pengurusan SIM maupun surat kendaraan bermotor. “Apalagi balik nama, hanya cukup membayar PNBP atau Penerimaan Negara Bukan Pajak serta pajak. Selain itu tidak ada biaya lain lagi,” tegas Zubaidah  sambil memberikan nomor handphone pribadinya kepada masyarakat.

Zubaidah berharap, dengan ditetapkannya Penagi sebagai kampung tertip lalulintas, bisa dicontoh oleh masyarakat lain. “Kita juga sudah berkomitmen, begitu keluar dari pintu gerbang Penagi harus sudah menggunakan helm,” paparnya.

Kedepanya, pihak Satlantas polres Natuna juga akan melaksanakan pengecatan pintu gerbang serta polisi tidur yang ada di Penagi dengan ornamen yang telah disepakati.(fat)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar