Jaringan 3G dan 4G Putus

Kegiatan Masyarakat Terganggu

Warga memadati warung-warung yang memiliki layanan wifi karena jaringan 3G dan 4G gangguan.

NATUNA (HK) - Jaringan Telkomsel 3G dan 4G di Natuna mengalami gangguan selama beberapa jam, Kamis (5/12) hingga menyebabkan kegiatan masyarakat  terganggu. Gangguan ini terjadi di Natuna sejak sekitar pukul 11: 40 WIB dan hingga berita ini dibuat gangguan tersebut belum normal seperti biasa.

Dengan kejadian ini masyarakat tidak bisa mengakses jaringan internet melalui hp dan perangkat telnologi informasi lainnya yang mereka miliki.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika membenarkan kondisi itu. Ia mengatakan gangguan ini terjadi karena jaringan telkomsel untuk 3G dan 4G mengalami gangguan di wilayah Sumbagut dan Sumbagteng. "Ya betul, jaringan Sumbagteng dan Sumbagut memang terganggu. Bukan kita di Natuna saja," kata Darmika di Kantornya  melalui telepon.

Ia mengaku belum mengetahui secara persis jenis kerusakan yang terjadi saat ini karena belum ada informasi pasti dari pihak Telkomsel.

"Kami baru menerima permohonan maaf saja dari Telkomsel atas gangguan ini. Mengenai kerusakan, kami belum tahu persis, tapi suspectnya ada kabel yang putus," jelas Darmika.

Gangguan ini membuat sejumlah pekerja di Natuna kebingungan, terutama sekali mereka yang memiliki pekerjaan yang berkenaan dengan jaringan internet. "Wah, payah ini. Gak bisa ngirim permintaan barang. Lama juga gangguannya ya," kata Ade, warga Ranai yang berprofesi sebagai pedagang online.

Hal yang sama juga diakui Ali, ia mengaku tidak bisa menyampaikan laporan internal ke lembaga usahanya karena kondisi jaringan yang sama. "Saya juga bingung ni. Laporan belum dikirim, jaringannya mati pula," timpal Ali.

Namun syukur jaringan internet wifi masih bisa diakses oleh masyarakat. Mereka menggunakan jaringan ini dengan cara menumpang internet di tempat-tempat yang tersedia layanan wifi. "Ramai lah kedai-kedai yang ada wifinya. Tapi wifi bakal kurang kuat juga jadinya karena kebanyakan pengguna," ungkap Adi, warga lainnya.(fat)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar