Natuna

Basembang Bercerite Kamtibmas Digelar

Kapolda Kepri, Irjel Pol Andap Budhi saat foto bersama dengan pejabat dari sejumlah instansi.

NATUNA (HK) - Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto menggelar Basembang Bercerite Kamtibmas di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Rabu (19/12).

Kegiatan ini digelar untuk menyerap potensi ancaman Kamtibas ke depan. Hadir pada acara itu Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, Danlaud Raden Sadjad Natuna, Kolonel Pnb. Prasetiya Halim, Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Danson Komposit, Letkol Inf... dan Komandan Kodim Natuna, Letkol Inf. Yusuf Rizal, serta Kajari Natuna dan ketua Pengadilan Negeri Ranai.

Acara tersebut diikuti oleh sejumlah unsur pemerintahan dan masyarakat seperti KPU, Bawaslu, LAM, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), organisasi pemuda, parpol, pengusaha serta sejumlah lurah dan Kades.

Pada acara itu, Irjen Budi mengingat kepada semua pihak agar tetap mentaati aturan dalam setiap tindakan yang dilakukan. Karena menurutnya, semua jenis kegitan dan tindakan sudah ada aturannya di negeri ini. "Kalau kita bertindak sesuai aturan - aturan yang ada, saya rasa tidak akan ada kegiatan yang sulit diselesikan," katanya.

Ia kemudian mengemukakan maksud dan tujuan acara itu digelar yakni untuk berdiskusi dalam rangka menyerap informasi dan masukan mengenai Kamtibmas di Natuna dari semua pihak yang hadir pada acara itu. "Dengan begitiu kami persilahkan kepada hadirin agar dapat memberikan masukan kepada kami mengenai Kamtibmas," kata Irjen Budi mempersilahkan hadirin.

Berbagai pertanyaan dikemukakan oleh hadirin mulai dari kasus kriminal, mekanisme penangananya hingga ke mekanisme pembuatan SIM. "Orang Natuna banyak yang mau bikin SIM, tapi kebanyakan mereka juga mengaku takut masuk kantor Polres. Dengan itu kami usulkan agar pembuatan SIM juga bisa dilakukan di luar Polres," kata Awang, Warga Kelurahan Ranai Darat.

Menanggapi hal itu, Irjen Budhi mengatakan, proses pembuatan SIM memerlukan pendidikan teori dan praktik sehingga harus dilakukan di Polres. "Kami berharap masyarakat tidak takut dengan polisi karena kami adalah pelayan masyarakat. Dan saya tekankan kepada Kapolres dan jajarannya untuk berlatih senyum agar masyarakat tidak takut," tegasnya.

Keinginan masyarakat agar pelayanan kepolisian bisa lebih baik, maka perlu peran masyarakat dalam memberikan informasi apabila ada keganjilan dalam pelayanan. "Jangan sungkan untuk menyampaikan langsung ke saya jika ada keluhan pelayanan di kepolisian. Hal ini supaya kita bisa membenahi pelayanan tersebut," tandasnya.

Ia mengapresiasi atas dukungan semua pihak terutama sekali TNI, Pemerintah, tokoh masyarakat, dan masyarakat itu sendiri dalam mewujudkan kantibmas di natuna.***(fat)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar