Tajuk

Mengembangkan Daerah Lewat Telekomunikasi

Geografis Provinsi Kepri yang terdiri dari wilayah perairan dengan pulau-pulau yang tersebar di banyak tempat, membuat daerah ini mengalami berbagai masalah dalam pemerataan pembangunan. Tidak hanya itu, persoalan telekomunikasi juga merupakan salah satu hal yang hingga kini belum terselesaikan secara utuh.

Masih banyak daerah di Kepri yang mengalami "kekurangan" sinyal. Akibatnya, untuk bisa berkomunikasi dengan masyarakat di daerah itu, sangat susah. Berbanding terbalik dengan pulau-pulau besar yang lebih maju dan berkembang.

Kalau memutar waktu ke belakang, persoalan ini sudah kerap disampaikan. Namun, hingga sekarang masih ditemui kendala. Kabupaten Lingga, misalnya. Sampai kini di daerah itu belum terjadi pemerataan jaringan telekomunikasi. Banyak kawasan di daerah berjuluk Bunda Tanah Melayu itu yang kesulitan mendapatkan akses jaringan telekomunikasi. Untuk mencarikan solusi masalah itu, pemerintah setempat sampai mendatangi penyedia jaringan telekomunikasi agra bisa "investasi" di daerah itu.

Namun, persoalan ini tidak semudah yang dibayangkan. Penyedia jaringan telekomunikasi tentu mempertimbangkan banyak hal, terutama biaya yang dikeluarkan dengan apa yang mereka dapatkan di daerah yang dituju. Termasuk sejumlah hal pendukung lainnya, seperti lahan, pasokan energi listrik, dan lainnya.

Menyikapi kondisi ini, sudah selayaknya ada kolaborasi yang lebih kuat antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah provinsi. Kenapa? Karena untuk bisa memperoleh jaringan yang bisa dinikmati seluruh masyarakat, ada biaya yang dinilai besar. Dan lagi dukungan dari pemerintah provinsi sangat diharapkan guna lebih mempercepat segala hal yang dibutuhkan pemerintah kabupaten.

Ini baru satu daerah di Kepri. Masih banyak daerah lain yang mengalami persoalan yang sama. Karena itu, untuk mengurai masalah ini, tentu butuh kerjasama dari berbagai pihak.

Tidak dapat dipungkiri, telekomunikasi saat ini telah menjadi sarana vital dalam percepatan pembangunan. Rasanya, di zaman milenial seakrang, jika satu daerah terbatas dalam jaringan telekomunikasi, alamat mengalami kendala dalam percepatan pembangunan. Kondisi ini tentu mendatangkan kerugian. Sebab itu, agar persoalan ini ada solusi terbaik, dukungan dan kerjasama seluruh elemen sangat diharapkan. Bagaimanapun juga, zaman terus berkembang. Perkembangan ini tidak bisa dihambat. Sebab itu, segala upaya harus dilakukan agar daerah dan masyarakatnya bisa sejajar dengan daerah lainnya yang memiliki jaringan telekomunikasi yang baik. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar