Tajuk

Layanan Kesehatan di Daerah

Terpencarnya masing-masing daerah di Kepri memberi persoalan terhadap sejumlah hal, seperti, telekomunkasi, pembangunan fisik, sampai tenaga ahli. Seperti yang terjadi di Pulau Laut, Natuna. Seperti dilansir media ini, Selasa (8/1/2019), setelah pelaksanaan seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) jumlah dokter di Kecamatan Pulau Laut berkurang. Kini, dokter yang melayani warga kecamatan ini tinggal satu orang.

Sebelumnya, di sana ada dua orang dokter yakni dokter gigi dan dokter umum. Keberadaan mereka ketika itu menjadikan layanan kesehatan di kecamatan paling utara wilayah Kabupaten Natuna itu jadi lebih terjamin. Namun, sekarang, setelah salah seorang dari mereka lulus jadi ASN, dokter umum itu ditugaskan di Puskemas Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan.

Tinggalah dokter gigi. Untuk wilayah sebesar itu dengan jumlah penduduknya, rasanya tidak mungkin dilayani oleh tenaga medis yang terbatas. Jadi sangat wajar jika aparat pemerintah dan masyarakat di Pulau Laut meminta ada tambahan tenaga medis termasuk tenaga lainnya seperti apoteker.

Diketahui, kini, Pulau Laut sudah memiliki gedung Puskemas Tipe C. Dengan adanya bangunan fisik itu diharapkan layanan kesehatan di daerah itu bisa maksimal. Tapi, apa jadinya jika tenaga kesehatan di pusat kesehatan itu minim.

Kondisi ini merupakan salah satu kendala yang dialami oleh daerah-daerah yang terbilang jauh dari pusat pemerintah di Kepri. Bisa saja, apa yang terjadi di Pulau Laut Natuna itu juga terjadi di daerah lainnya.

Tentunya hal ini diharapkan menjadi perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Kepri dan seluruh pihak yang terkait. Apapun argumennya, layanan kesehatan di daerah-daerah seperti itu harus menjadi prioritas utama. Sangat manusiawi jika masyarakat di daerah itu minta ada tambahan tenaga medis. Ini baru satu sektor. Mungkin sektor lainnya, seperti, telekomunikasi, transportasi dan lainnya bisa juga minim di daerah itu. Karena itu, perhatian untuk layanan kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar itu wajib ada.  

Momentum penerimaan ASN saat ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi dalam mengisi kekosongan tenaga medis di daerah seperti Pulau Laut. Bisa saja dibuat kebijakan untuk menempatkan sejumlah tenaga medis di daerah itu dengan harapan bisa memberi rasa nyaman bagi masyarakat.

Sekarang, yang diharapkan ada kebijakan untuk persoalan ini. Kembali, layanan kesehatan merupakan kebutuhan mendasar masyarakat. Karena itu, hal ini wajib ada. Apapun caranya, pemerintah pasti tahu. Semoga layanan kesehatan untuk masyarakat bisa merata sampai ke daerah pulau. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar