Warga Kecewa Perusahaan Kurang Safety

Plat Baja Terjatuh dari Trailer

Seorang personil kepolisian mengatur arus lalu lintas, setelah plat baja milik PT Mencast terjatuh di persimpangan lampu merah Fanindo, Batuaji.

SAGULUNG (HK) -- Sebanyak 20 keping plat baja galangan kapal terseret atau terjatuh ke jalan raya tepatnya di persimpangan lampu merah Fanindo depan Kampung Becek, Sagulung, Rabu (9/1) sekitar pukul 13.30 WIB siang. Akibatnya, jalan raya menuju ke arah Tanjung Uncang Batuaji mengalami macet parah, sehingga pihak kepolisian Batuaji dan Sagulung turun ke lokasi mengatur lalu lintas.

Informasi dilokasi, awalnya belasan plat baja yang diketahui milik galangan kapal PT Mencast itu terpental dari trailer nopol BP 9312 DE saat Walismar, sang sopirnya mengantarkan ke arah Sagulung. Dan diduga saat hendak mengantar plat baja tersebut kurang safety untuk mengikat plat baja tersebut.

Lengsernya plat tersebut membuat warga atau pengguna jalan terkaget karena hempasan plat tersebut sangat kuat bahkan aspal sampai berbekas. "Tadi kuat kali suaranya saat lengser plat itu. Sampai mobil trailernya agak miring karena saat tanjakan dan jalan raya pun miring," kata Surdi, tukang ojek di lokasi.

Hendra, salah seorang pengguna jalan mengatakan kejadian serupa sudah kerap kali menjadi tontonan warga. Menurutnya pengangkutan plat baja kurang safety karena memang tanpa diikat dan tak ada penyangganya.

Namun demikian, tak ada tindakan dari pemerintah. Bahkan pihak pemerintah sudah pernah menyampaikan jika mobil pengangkut plat yang tonase puluhan ton akan berjalan malam hari dan akan ditentukan jam operasinya. Namun di lapangan malah tak ada realisasinya.

"Gimana kalo ada korbannya. Bisa gak pemerintah bertanggung jawab. Tapi kenapa masih ada mobil trailer yang bawa muatan puluhan ton bisa lewat lagi tanpa pengawalan, apalagi muatannya juga jarang diikat," tanya.

Sementara dilokasi, Walismar, sang sopir trailer mengatakan, kaget saat terjatuh plat baja itu. Tapi ia masih bersyukur tak ada korbab jiwa. "Mungkin lagi apeslah bang. Dah biasa saya lewat dari jalan ini. Tapi syukurlah tak ada korban jiwa," katanya dengan wajah pucat. (ded)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar