Batam

Warga Serasan Menanti PLBN

Seorang warga saat melintasi Pelabuhan Serasan. Di kawasan pelabuhan ini akan dibangun PLBN.

NATUNA (HK) - Warga Kecamatan Serasan dan Serasan Timur telah lama memdambakan adanya sarana Pelabuhan Lintas Batas Negara (PLBN). Kini sarana itu akan benar-benar hadir menjawab kebutuhan mereka.

Chairman, seorang warga Serasan mengaku senang dengan adanya kabar pembangunan PLB itu, lantaran keberadaanya diperlukan oleh semua orang. "Alhamdulillah, akhirnya yang kami tuntut dan nanti-nanti selama segera datang juga. Kami telah lama mendambakan PLBN itu," kata Chairman di Serasan, Kamis (10/1) melalui telepon.

Menurut dia, sedikitnya ada empat faktor penyebab orang Natuna merindukan sarana keluar masuk  negara itu. Di antaranya adalah faktor historis.

Sejak dulu, warga Natuna khususnya serasan sudah melakukan transaksi jual beli dengan warga negara Malaysia Bagian Timur secara tradisional. Di masa-masa itu pertukaran barang terjadi dengan lancar antara kedua warga negara. "Bahkan dulu di Serasan ada PLBN itu, cuma sekitar tahun 60 ditutup dan belum pernah dibuka sampai sekarang," tutur Chairman.

Faktor kedua berupa potensi ekonomi. Masyarakat Natuna mengaku yakin dengan adanya pelabuhan lintas batas itu potensi perekonimian Natuna akan sangat terbuka karena mereka bisa mengekspor barang ke Malaysia. Faktor berikutnya adalah kemanan dan kenyamanan. Dengan adanya sarana terebut, masyarakat akan lebih tenang dan aman melakukan jual beli dengan warga negara Malaysia.

Faktor terakhir adalah hubungan kelurga dan kekerabatan. Warga Natuna banyak yang menikah dengan warga negera Malaysia. Hubungan kekerabatan juga sudah terjalin lama antara warga kedua negara. "Dengan inilah kami mendambakan PLBN itu. Kami ingin dapat berusaha dengan nyaman dan aman, tidak dibayang-bayangi pelanggaran hukum. Kami bersyukur sekali dengan adanya kegiatan pemerintah ini," pungkasnya.

PLBN Serasan akan dibangun tahun ini dengan klasifikasi tipe C, pembangunan ini menelan anggaran sekitar Rp. 30 miliar.(fat)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar