Karimun

Pengurus Kwarcab Pramuka Karimun Dilantik

Kamabida Pramuka Kepri, Nurdin Basirun melantik Kamabicab Pramuka Karimun Aunur Rafiq.

KARIMUN (HK)-Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepri Kakak Nurdin Basirun melantik Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun Kakak Aunur Rafiq bersama pengurus masa bakti 2018-2023 di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Kamis 10/1) pagi.

Usai pelantikan Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Karimun, maka Kamabicab Aunur Rafiq kemudian melantik Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karimun Anwar Hasyim bersama pengurus masa bakti 2018-2023. Pelantikan itu dihadiri Ketua Kwarda Pramuka Kepri, TS Arif Fadillah dan Ketua Harian Kwarda Pramuka Karimun Muhammad Firmansyah.

Kamabicab Gerakan Pramuka Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, Pramuka di Karimun sejak dahulu hingga sekarang terus mengukir prestasi, baik di tingkat daerah hingga nasional. Bahkan, Pramuka Karimun juga sering mengikuti berbagai kegiatan internasional seperti di Malaysia dan negara lainnya.

"Dari dulu hingga sekarang Pramuka di Kabupaten Karimun selalu aktif, sejak saya menjadi Kamabicab ketika menjabat Bupati Karimun dan Pak Bupati yang dulu menjabat Wakil Bupati sebagai Ketua Kwartir Daerah Pramuka Karimun. Mudah-mudahan, Pramuka Karimun semakin tambah aktif dan maju," ungkap Nudin Basirun.

Nurdin Basirun berharap, kegiatan pembinaan yang dilakukan gerakan Pramuka Karimun selain sebagai benteng juga untuk mencekal generasi muda agar tidak terperosok ke dalam paham-paham yang tidak sesuai Pancasila, radikalisme, hoax termasuk narkoba, juga dapat menciptakan generasi yang berdaya saing.

Sementara, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengakui, Kwarda Karimun memang dari dulu selalu aktif dalam kegiatan kepramukaan baik di tingkat daerah maupun nasional. Bahkan, Pramuka Karimun untuk Provinsi Kepri selalu menjadi nomor satu.  

"Pramuka bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pemerintahan, diwujudkan dengan Undang-undang no 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Maka dari itu, seluruh komponen pemerintahan berkolaborasi untuk membantu menjalankan dan mensukseskan penyelenggaraan kepramukaan se Indonesia," ujar Arif Fadillah.

Arif Fadillah dalam kesempatan itu menambahkan, agenda pelantikan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karimun sebenarnya dilakukan pada Oktober 2018 lalu. Namun, karena faktor kesibukan dan menyesuaikan dengan agenda bersama maka pelantikan ini baru bisa dilaksanakan pada Januari 2019 ini.

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Karimun, Aunur Rafiq meminta kepada seluruh pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karimun agar lebih aktif dan meningkatkan berbagai kegiatan selama lima tahun ke depan. Sebab, selama ini Pramuka Karimun dinilai paling aktif dan berprestasi.

"Dari dulu Pramuka Karimun selalu aktif dan mengirimkan anak didiknya untuk mengikuti berbagai kegiatan, baik itu perkemahan maupun kegiatan lain di tingkat daerah dan nasional. Untuk tingkat sekolah, kegiatan kepramukaan merupakan bagian ekstrakurikuler yang sangat besar manfaatnya bagi generasi muda," pungkasnya. (ham)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar