Sopir Truk Sempat Ngomel-Ngomel

Petugas Sita Klakson Modifikasi

Personil Satlantas Polres Bintan saat menyita klakson modifikasi yang dipasang di bus angkutan pariwisata saat razia gabugan Dishub bersama Satlantas Polres Bintan.

BINTAN (HK) - Satlantas Polres Bintan menyita klakson modifikasi yang terpasang disalah bus angkutan pariwisata. Penyitaan dilakukan saat razia gabungan Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan bersama Satlantas Polres Bintan di Pos Desa Penaga, Jalan Lintas Barat, Kecamatan Teluk Bintan, Jumat (11/1) siang.

Sang sopir pasrah ketika dirinya dipaksa melepaskan klakson modifikasi yang terpasang dibagian kabin depan bus tersebut untuk diserahkan kepada petugas. Namun ada pula sopir yang bandel dan sempat ngomel-ngomel ketika petugas menegur agar klakson modifikasi yang terpasang untuk dicopot.

"Ini beli pakai uang loh. Tak bisa diepaskan, tak ada obeng (perkakas). Kalau mau kita ke bengkel lah lepaskan," kata sang sopir dengan nada tinggi ketika petugas Dishub meminta agar klakson kendaraan untuk dicopot.

Sebelum ngomel-ngomel, sopir truk itu sejak awal sudah menunjukkan kemarahannya saat diberhentikan petugas. Bahkan mika penutup lampu bagian depan truknya dirusak karena petugas menegur agar dilepas. Petugas yang sabar pun tak mau larut dalam emosinya meladeni omelan sang sopir.

Kabid Angkutan Darat Dishub Bintan, Aris Sulityo menjelaskan, didalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas sudah mengatur peralatan kendaraan muatan yang standar. "Karena kebisingannya (suara klakson) dapat membahayakan keselamatam pengendara lainnya. Makanya kita tertibkan sesuai undang-undang," kata Aris usai razia.

Pengecekan oleh petugas dilakukan secara menyeluruh, mulai dari lampu sein, lampu rem, lampu utama, hingga mundur hingga klakson dan bobot kendaraan diperiksa. Sedangkan kendaraan yang tak dilengkapi surat-surat langsung ditilang oleh petugas Satlantas Polres Bintan. Dari hasil penindakan, ada satu unit mobil pick-up yang disita karena tak dilengkapi surat-surat kendaraan dan sopir tak memiliki SIM serta 2 STNK kendaraan.

Kanit Patroli Satlantas Polres Bintan Ipda Florensia menghimbau kepada pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraan saat berada dijalan raya. Selain itu, kepada angkutan muatan terutama yang membawa material bangunan agar menutup bagian bak dengan terpal. "Serta memakai safety belt saat berkendara," imbuhnya. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar