Isdianto Temui Dirjen Hubla

Tingkatkan Konektivitas Antar Pulau di Kepri

TANJUNGPINANG (HK)- Untuk meningkatkan konektivitas dan perhubungan antar pulau yang ada di Provinsi Kepri, Wakil Gubernur Kepri, Isdianto melakukan pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Pertemuan yang dilakukan di Kantor Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Kamis (10/1) dilakukan bersama sejumlah stageholder pengelola transportasi di Kepri.

"Dalam pertemuan ini, kami membahas transportasi darat dan laut di wilayah Provinsi Kepri, apalagi mengingat Kepri adalah wilayah kepulauan yang jarak tempuh dari pulau satu ke pulau lainnya sangat berjauhan, serta membutuhkan banyak transportasi laut berupa kapal penumpang maupun kapal barang," kata Isdianto.

Tak hanya itu, lanjut Isdianto, wilayah Kepri juga memiliki geografis yang sangat luas dan terdapat banyak pulau didominasi oleh luasnya lautan seperti Pulau Natuna, Anambas, Lingga, Bintan, Karimun dan Batam. "Konektivitas merupakan hal utama yang kita perhatikan di Kepri, terutama masalah transportasi. Baik jalan, pelabuhan, Bandara dan sebagainya," ucap Isdianto.

Dengan konektivitas tersebut, menurut Isdianto, dapat meningkatkan arus barang, orang dan uang dari satu tempat ke tempat lain. "Dan ini harus kita gesa terus agar transportasi di Kepri khususnya antar pulau dapat lebih optimal," tegasnya.

Selain peningkatan transportasi laut, Isdianto juga mengupayakan adanya transportasi Kepri-Malaysia. "Transportasi laut jenis Kapal Roro itu direncanakan akan melayani pelayaran Tanjungpinang-Johor Bahru," terangnya.

Pada kesempatan itu, Isdianto didampingi Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, S Ajie Panatagama, Kepala Seksi Pengelolaan Perairan di luar Pelabuhan Dishub Kepri, Dwi Cahyo serta Ketua Organda Kepri, Syaiful.

Delegasi Kepri itu bertemu langsung dengan Dirjend Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Laut, Budi Setiyadi menyambut positif kunjungan Wagub Kepri dan rombongan, yang membahasa terkait upaya peningkatan jalur transportasi di Kepri. Demikian juga mengenai rencana transportasi Roro lintas negara yang menghubungkan Tanjungpinang-Johor Bahru, Malaysia.

Budi juga berjanji segera mengevaluasi apa yang menjadi recana Pemprov Kepri ini. "Mudah-mudahan pada anggaran 2020 nanti kita bisa membantu menambah armada laut di Kepri," ujar Budi.

Budi juga mengatakan, jika tidak ada halangan, dalam waktu dekat akan membalas kunjungan Wagub Kepri dan akan berkunjung ke Kepri, guna melihat lebih dekat dan jelas tentang kebutuhan transportasi laut yang dipaparkan rombongan Wagub Kepri.(cw99-efr)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar