Tajuk

Cepat Tanggap DBD

Demam Berdarah Dengue (DBD) sedang merebak di sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Kepri. Di daerah ini diperkirakan puluhan penderita sudah terjangkit yang tersebar di sejumlah daerah di Kepri. Munculnya penyakit ini lebih disebabkan terjadi pergantian cuaca dari musim hujan ke musim panas. Diketahui, musim panas dalam beberapa pekan ini mendorong pertumbuhan jentik menjadi nyamuk dewasa. Ditunjang lagi dengan budaya bersih di tengah di tengah masyarakat. Sebab itu, jika hal ini tidak cepat disikapi, dikhawatirkan korban akan berjatuhan.

Langkah menangani penyakit ini tidak hanya cukup dengan imbauan, namun langkah-langkah konkret dan cepat harus dilakukan agar wabah DBD tidak merebak dan menimbulkan korban jiwa. Fogging merupakan langkah utama jika memang telah ditemukan warga yang terjangkit penyakit ini. Lalu, membersihkan lingkungan dari air-air tergenang yang bisa mempercepat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. Yang paling utama adalah melakukan gerakan 3M, menguras, mengubur, menutup, dan menabur bubuk abate pada wadah-wadah air.

DBD bukanlah penyakit biasa. Sudah banyak korban yang berjatuhan akibat terserang penyakit ini. Sebab itu, kepedulian masyarakat terhadap penyakit ini harus tumbuh. Jangan setelah ada yang jadi korban, baru dilakukan antisipasi. Alangkah bijak, sebelum ada korban, antisipasi harus dilakukan agar sumber penyakit dapat dilenyapkan. 

Kepada keluarga dan lingkungan masyarakat diharapkan untuk dapat melakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan. Aparatur pemerintah dari kota hingga ke kelurahan sampai ke perangkat RW dan RT diharapkan selalu mengingatkan warga akan bahaya DBD. 

Untuk meminimalisir penyebaran penyakit ini, harus ada usaha kolektif. Siapapun dalam lingkungan masyarakat diminta untuk menunjukan kesadaran dalam mengantisipasi penyakit ini. Jika ada imbauan untuk melakukan gotong royong, seluruh warga diharapkan datang dan berpartisipasi. 

Lalu, untuk tataran rumah tangga, jangan biarkan baju-baju bergantungan apalagi yang berwarna gelap. Sebab ini biasa menjadi sarang bagi nyamuk DBD. Melihat perubahan cuaca saat ini, antisipasi secara menyeluruh wajib dilakukan agar jangan sampai ada warga atau keluarga kita yang terjangkit penyakit ini. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar