Memperebutkan Hadiah Uang tunai Rp77 Juta

Tebing Langit Gelar Lari Lintas Alam 5 Km

Pengelola dan Panitia Batam Trail Run 5K Sport Pariwisata, usai menggelar rapat koordinasi bersama awak media, Kamis (7/2) siang, di Kawasan Tebing Langit dan Taman Kelinci, Sekupang.

BATAM (HK) - Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Batam pengelola objek wisata alam Tebing Langit di Bukit Dangas, Kelurahan Tanjungpinggir, Kecamatan Sekupang, segera menggelar Iven Olahraga Batam Trail Run 5K Sport Pariwisata, atau Lari Lintas Alam sejauh 5 kilometer, pada 7 April 2019 mendatang.

Sport Pariwisata yang pertama kali dilakukan di Kota Batam ini, memperebutkan uang tunai sebesar Rp 77 juta, bagi para pemenang yang telah berhasil mencapai garis finish atas waktu dan jarak yang telah ditentukan.

Rudi Hartono, selaku panitia penyelenggara mengatakan, iven Batam Trail Run 5K merupakan upaya dalam mendukung program pemerintah daerah di bidang pariwisata Kota Batam. Sehingga bisa memberikan kontribusi kepada daerah dam masyarakat Kota Batam.

"Iven sport pariwisata ini, pertama sekali kami laksanakan di Kota Batam. Sehingga, sangat diharapkan dapat menjadi kalender tahunan olahraga lintas alam untuk kedepannya," kata Rudi Hartono di Kantor Tebing Langit, Bukit Dangas Sekupang, Kamis (7/2).

Dalam kegiatan Trail Run 5K, ungkapnya, para pesertanya dibagi dalam beberapa kelompok lari lintas alam dewasa dan remaja (pa/pi) untuk dapat mengitari Bukit Dangas yang berjarak tempuh sejauh 5 kilometer. "Start dimulai dari pintu masuk Tebing Langit. Lalu naik ke puncak dan menempuh beberapa beberapa rintangan alam pada rute yang telah ditentukan," ungkap Ketua Panitia.

Untuk kelompok dewasa (usia 16 keatas), ujar Rudi, akan menempuh jarak sejauh 5 kilometer dan untuk remaja (usia 10-15) menempuh rute sejauh 2,5 kilometer hingga ke titik finish. "Dalam rute, kita menyediakan pos pos untuk penunjuk jalan dan bantuan. Sehingga, setiap peserta itu dalam pengawasan atau penilaian panitia lomba," ungkapnya.

Bagi pemenang lomba lintas alam, imbuhnya, akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 77 juta, serta hadiah doorprize bagi mereka yang beruntung.

"Panitia tidak hanya menyediakan hadiah uang tunai, tapi juga doorprize berupa dua sepeda motor dan puluhan hadiah menarik lainnya. Sehingga, momentum Batam Trail Run 5K ini kita jadikan ajang hiburan, dan pariwisata masyarakat Batam, Kepri dan turis mancanegara," papar Rudi Hartono.

Makanya, ucap Rudi, dalam kawasan Tebing Langit juga kita sediakan stand stand kuliner dan Industri kreatif berupa souvenir lainnya. "Selain mengikuti perlombaan lintas alam, masyarakat bisa datang untuk berwisata ke kawasan Tebing Langit, Taman Kelinci, dan ke Taman Kupu Kupu bersama keluarga," kata Rudi Hartono.

Pengelola sekaligus Tim Panitia, Odit Kusmar Lubis mengungkapkan, sebetulnya di kegiatan Batam Trail Run tersebut, merupakan sebuah acara sport dan pariwisata alam yang terbuka untuk umum. "Siapa saja boleh ikut. Baik untuk wisatawan asing, wisatawan lokal, atlet lari, dan lainnya dari masyarakat yang berminat," ungkap Odit.

Artinya, papar Odit, kegiatan Batam Trail Run ini adalah, bukan semata mata untuk meraih juara serta hadiah, akan tetapi sebagai ajang pariwisata, bagi seluruh masyarakat. "Baik itu bagi mereka yang datang dari daerah Batam, Kepri, dari Negara Singapura, Malaysia, Thailand dan wisatawan mancanegara lainnya Semua akan kami layani dengan baik," ungkap Pengelola Tebing Langit dan Taman Kelinci ini.

Dikatakan Odit, dua minggu sebelum dilakukan perlombaan Batam Trail Run tersebut, diawali dengan perlombaan mewarnai ditingkat anak anak, lomba fotografi dan festival taman hijau nan indah. "Artinya, agenda Batam Trail Run 5K Sport ini akan berlangsung selama dua minggu, hingga puncak kegiatan. Setelah itu, iven akan ditutup dengan hiburan dan penyerahan hadiah juara," pungkasnya.

Sekretaris Panitia, Arif Halim menambahkan, adapun untuk peserta dalam kegiatan Batam Trail Run 5K, jumlahnya akan dibatasi panitia. Sehingga pendaftaran waktunya tidak terlalu lama. "Peserta Batam Trail Run 5K Sport Pariwisata hanya 1500 orang saja. Dengan rincian untuk pendaftaran Dewasa Rp.100 ribu, dan remaja Rp.60 ribu. Dan untuk pendaftaran akan kami buka selama satu bulan," kata Arif.

Untuk peserta yang mendaftar, ucapnya, akan mendapatkan baju kaus, snack, kupon, minum dan nomor peserta, ketika mereka melakukan pendaftaran ulang di lokasi perlombaan.

"Kita membuka pos pos untuk pendaftaranya. Baik melalui tim panitia, maupun mendatangi lansung ke sekretariat acara. Yaitu, di Kantor Tebing Langit dan Taman Kelinci, di Kawasan Bukit Dangas, Sekupang. Aisyah dengan Hp : 082173111195. Ataupun ke tim pos panitia pendaftaran yang sudah di tunjuk. Nov Hp : 081270055491, Aulia Hp : 082383874000," papar Arif. (vnr).



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar