Karimun

Puskesmas Tebing Teteskan Vitamin A

Wakil Ketua PKK Karimun, Sensissiana memberikan vitamin A kepada balita di Posyandu Kenanga, Kecamatan Tebing.

KARIMUN (HK)-Puskesmas Tebing bersama Posyandu dan PKK Kabupaten Karimun memberikan vitamin A dan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada balita di Posyandu Kenanga, Kelurahan Pamak, Kecamatan Tebing, Sabtu (9/2). Kegiatan itu juga disejalankan dengan minum jamu bersama antar unsur Forum Pimpinan Kecamatan Tebing.

Kepala Puskesmas Tebing, Muhammad Aristo Wibowo mengatakan, pemberian vitamin A dan pemberian makanan tambahan itu dimotori oleh program Gisi Puskesmas Tebing. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mata bagi balita sejak dini dan menumbuhkan kesehatan anak pada umumnya.

Pemberian vitamin A sebenarnya dilaksanakan dua kali setahun, yakni pada Februari dan Agustus. Namun, pemberian vitamin A kali ini disejalankan dengan kegiatan Posyandu yang ada di Kelurahan Pamak. Kami ini memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya kaum ibu dan balita serta ibu hamil untuk datang ke Posyandu," ungkapnya.

Kata Bowo, esensi dari kegiatan itu untuk mendorong ibu-ibu datang ke Posyandu. Sebab, di Posyandu diketahui tumbuh kembang anak, gizi anak, bagaimana permasalahan yang muncul di anak-anak. Jika kesadaran ibu-ibu yang memiliki balita semakin rajin datang ke Posyandu, maka diharapkan kunjungan ke Posyandu juga akan semakin meningkat.

"Tumbuh kembang anak diketahui ketika mereka sejak balita. Untuk mengetahui tumbuh kembang anak tersebut, maka ibu-ibu harus rajin membawa anaknya ke Posyandu. Salah satu kegiatannya adalah dengan pemberian vitamin A diharapkan balita menjadi generasi penerus yang sehat atau generasi emas di kemudian hari," jelasnya.   

Bowo memberikan apresiasi kepada seluruh tim Puskesmas Tebing khususnya pemegang program gizi yang telah melahirkan ide dan inovasi untuk menggiatkan pemberian vitamin A kepada balita. Dia berharap, ke depan langkah serupa juga bisa dilakukan oleh program lainnya di Puskesmas Tebing.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun, Sensissiana didampingi Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV PKK Karimun, Nurcahyani Setyaningsih yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, pemberian vitamin A dan PMT di Posyandu merupakan program tahunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Karimun.

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh Puskesmas Tebing dan Posyandu namun didampingi oleh PKK yang merupakan mitra dari pemerintah di dalam menggerakan masyarakat, khususnya ibu-ibu yang memiliki balita. PKK juga memiliki tantangan untuk mendorong ibu-ibu yang memiliki balita untuk datang ke Posyandu," ujar Sensis.

Menurut dia, pemberian vitamin A dan PMT bagi balita termasuk salah satu 10 program pokok PKK, yakni tentang kesehatan. Program kesehatan itu luas, mulai dari Posyandu, gizi dan KB. Diharapkan, kegiatan ini mampu mencapai target dari pemerintah untuk menjadikan anak Indonesia yang sehat dan cerdas. (ham)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar