Tanjung Pinang

Rekruitmen Calon Petugas Haji Segera Digelar

Tanjungpinang (HK) - Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Kepri, H. Subadi, mengatakan, pihaknya akan melakukan rekruitmen calon petugas haji, baik untuk petugas kloter maupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2019. 

Untuk calon petugas kloter, ucap Subadi, Senin (11/2), Kanwil Kemenag Kepri mendapatkan porsi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kloter sebanyak 3 orang petugas, dan untuk Tim Pemandu Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) atau pembimbing ibadah sebanyak 3 orang petugas. Jumlah tersebut menurutnya berdasarkan jumlah kloter jamaah haji yang berasal dari Kepri yang berjumlah sekitar 3 kloter yang kesemuanya terdiri dari calon petugas pria. 

Sementara itu untuk petugas Non Kloter atau PPIH Arab Saudi, berdasarkan Surat Dirjen PHU Kemenag RI Nomor B-7014/DJ.Dt.II.1.2/Hj.02/2/2019 tentang alokasi petugas PPIH Arab Saudi tahun 1440/ 2019 untuk Propinsi Kepri terdiri dari Pelayanan Ibadah 1 orang petugas (pria), Pelayanan Konsumsi 2 orang petugas (pria/wanita), Pelayanan Akomodasi 1 orang petugas (pria), dan Pelayanan Transportasi 1 orang petugas (pria).

“Dengan demikian jumlah total calon petugas dari Kanwil Kemenag Kepri berjumlah 11 orang petugas. Semua petugas tersebut akan diperebutkan oleh ASN Kanwil Kemenag Kepri baik yang ada di Kanwil maupun di Kemenag Kabupaten/Kota,” kata Subadi. 

“Pelaksanaan test dimulai dari Kabupaten/kota. Pelaksanaan test tersebut dilaksanakan serentak di seluruh propinsi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan test di Propinsi menggunakan sistem CAT,” paparnya lagi.

Dia menjelaskan, jadwal seleksi rekruitmen calon petugas haji adalah pertaman, penerimaan pendaftaran dan seleksi administrasi 14 s.d 20 Februari 2019. Kedua, pengumuman peserta yang berhak mengikuti seleksi tingkat Kabupaten/Kota 22 Februari 2019. Ketiga, tes kompetensi tingkat Kabupaten/Kota 25 Februari 2019. Keempat, pengiriman rekapitulasi jumlah peserta Kabupaten/Kota ke Dirjen PHU 26 Februari 2019. Lima, penyerahan hasil koreksi rekapitulasi ke Panitia Tingkat Kanwil Kemenag Propinsi 26 s.d 27 Februari 2019. Enam, verifikasi data calon petugas yang telah diupload oleh Panitia Tingkat Kanwil Kemenag Propinsi 26 s.d 27 Februari 2019. 

Lalu, ketujuh, pengumuman peserta yang berhak mengikuti seleksi tingkat Kanwil Kemenag Propinsi 28 Februari 2019. 
Delapan, tes kompetensi CAT dan wawancara 5 Maret 2019. Sembilan, pengiriman berkas persyaratan dan hasil wawancara calon petugas PPIH Arab Saudi ke Dirjen PHU Kemenag RI 6 Maret 2019. Sepuluh, penyerahan hasil penetapan Kakanwil untuk calon petugas TPHI dan TPIHI untuk ditetapkan dalam SK Dirjen PHU 11 s.d 12 Maret 2019. Sebelas, pengumuman calon petugas PPIH Arab Saudi yang berhak mengikuti pelatihan 10 April 2019. Dan terakhir, pembekalan petugas yang menyertai jamaah haji 18 Maret s.d 13 April 2019.

Subadi menambahkan bagi ASN Kemenag yang berminat untuk segera menyiapkan berkas persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (r)
 



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar