Anambas

Wabup KKKA Lepas 27 Siswa Belajar di SBTI

Wabup KKA, Wan Zuhendra, saat melepas pelajar SBTI di Pelabuhan Tarempa, Selasa (12/2/2019). (yudi/haluankepri)

ANAMBAS(HK) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Wan Zuhendra, melepas sebanyak 27 pelajar asal Anambas untuk menempuh pendidikan di Sahid Bintan Tourism Institut (SBTI) di Lagoi Bintan. Pelepasan dilakukan di Pelabuhan Tarempa, Selasa (12/2) pagi. Para pelajar berangkat menggunakan kapal Fery Cepat Seven Star. 

Dalam kesempatan itu, Wan Zuhendra berpesan agar para siswa belajar dengan baik. Dikatakannya, biaya para pelajar tersebut seluruhnya ditanggung oleh Pemerintah daerah hingga pendidikan selesai.

"Belajarlah dengan baik. Jangan melakukan hal-hal yang dapat menganggu pendidikan dan merugikan masa depan. Apalagi semuanya membawa nama Kabupaten Anambas," ucap Wabup.

Ia melanjutkan, Pemerintah Kabupaten KKA telah tiga kali mengirim siswa untuk belajar di SBTI, yang dimulai sejak 2017 silam. 

"Pelajar angkatan perdana sudah banyak yang bekerja di sejumlah resort di Anambas, seperti, Anambas Resort, Pulau Bawah, dan lainnya. Sedangkan untuk angkatan kedua kini sudah hampir menyelesaikan pendidikan," tukasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPMPTSP Nakertrans) KKA, Yunizar, mengatakan, pengiriman pada 2019 ini merupakan tahun ketiga dilakukan Pemerintah Kabupaten KKA dengan siswa berasal dari 7 Kecamatan yang ada di Anambas.

"Sebelumnya pada 2017 ada 30 orang, kemudian 2018 juga 30 orang," jelasnya. 

Menurut dia, pengurangan peserta pada 2019 ini dikarenakan ada kenaikan biaya  pendidikan, sedangkan anggaran pemerintah masih sama. 

"Solusinya, ada pengurangan kouta dari 30 menjadi 27 orang," jelasnya.

Ia menambahkan, seleksi pelajar itu telah dilaksanakan pada Selasa (29/1) lalu. Peserta yang ikut seleksi sebanyak 30 orang dan yang lulus 27 orang.

"Seleksi langsung dari pengajar SBTI yang turun langsung ke Anambas. Tes tertulis dan wawancara mereka yang lakukan kita hanya menyiapkan tempat," katanya.(yud)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar