Tajuk

Awas Kebakaran Lahan 

Musim panas yang terjadi kini harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat. Soalnya, seperti tahun-tahun sebelumnya, kondisi cuaca seperti sekarang sangat rawan terjadinya kebakaran lahan. Kekeringan yang terjadi sangat mudah menyulut api.

Dalam beberapa waktu terakhir di Batam dan sejumlah daerah lain di Kepri, telah terjadi kebakaran lahan. Ini sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, kebakaran itu memberi dampak kurang baik bagi masyarakat termasuk lingkungan alam. untuk Batam khususnya, lahan yang terbakar, akan sangat sulit untuk ditanami kembali. Hal ini karena memang lahan di Batam kurang subur. Jika terjadi kebakaran lahan, maka akan susah untuk kembali seperti semula.

Sebab itu, kondisi seperti sekarang memang harus diwaspadai secara baik. Jangan melakukan pembakaran secara sengaja. Dan jika diketahui ada titik apa di salah satu lahan, diharapkan segera lakukan pemadaman. 

Lahan dengan segala tumbuhan yang ada di dalamnya, merupakan paru-paru bagi Batam. Apalagi saat ini, lahan di daerah ini sudah banyak dialihfungsikan. Akibatnya, sekarang sudah sedikit ditemukan lahan dengan tumbuhannya. Padahal, dalam cuaca seperti sekarang, lahan yang hijau akan bisa memberikan kesejukan bagi lingkungan sekitarnya. Kini yang dirasakan adanya suhu makin panas seiring cuaca panas yang terjadi setelah musim hujan.

Masyarakat diharapkan benar-benar bisa menjaga lahan yang ada saat ini. Walaupun jumlah sudah berkurang, namun, jika dijaga dengan baik, akan mampu memberi dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. 

Kepada pihak terkait terutama Pemerintah diharapkan dapat mengingat-ingatkan masyarakat terutama yang berada di sekitar lahan yang rawan terbakar untuk bersikap pro aktif jika terjadi kebakaran. Pihak berkompeten diharapkan juga untuk selalu siap sedia jika terjadi kebakaran lahan.

Untuk menjaga lahan yang ada saat ini dibutuhkan kerjasama yang baik antara masyarakat dan seluruh pihak. Mari tingkatkan kepedulian untuk menjaga lahan dan lingkungan kita. ***



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar