Anambas

2020 Kejari Anambas Beroperasi

Muhamad Bayanullah Plt Kepala Kejari Anambas

ANAMBAS (HK) - Ditargetkan tahun 2020  kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kepulauan Anambas beroperasi. Dengan dibentuknya Kejari  ini, diyakini dapat mempermudah dalam memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat. 

Bupati KKA Abdul Haris, mendukung dan  telah menyurati Jaksa Agung Muda (JAM)  Pembinaan  Cq Kepala Biro perencanaan Kejagung RI dengan nomor surat 103/Kdh.KKA. /02.19 prihal  permohonan dan dukungan  peningkatan status Cabjari Tarempa menjadi  Kajari Anambas.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Kejari  Anambas, Muhammad Bayanullah, mengatakan sebagai daerah yang berada di perbatasan memang sudah sepantasnya Anambas memiliki Kejari.  "Insya Allah, tahun 2020 operasional Kejari Anambas akan berjalan setelah 10 tahun daerah ini dimekarkan,"ujar Bayan, Kamis (14/3).

Menurut dia, sebagai daerah yang berada di perbatasan saat ini Anambas menjadi prioritas pembangunan oleh pemerintah pusat baik itu dari sisi komunikasi, transportasi dan pelayanan hukum. Apalagi saat ini di Anambas telah berdiri  Polres. 

"Untuk kehadiran pengadilan dan rumah tahanan akan dikomunikasikan ke pusat  langsung oleh Bupati Anambas,"jelasnya.

Ia melanjutkan, saat ini untuk lahan pembangunan Kejari Anambas tidak ada persoalan lagi, karena pemerintah daerah telah menyiapkan lahan sebesar 1,5 hektar untuk pembangunannya.  "Lahan untuk pembangunan Kajari merupakan hibah dari pemerintah daerah KKA yang mendukung penuh hadirnya Kejari didaerah ini,"paparnya. 

Ia menambahkan, selama ini di Provinsi Kepri telah memiliki 6 Kejaksaan Negeri  yakni Kejari Batam, Kejari Tanjung Pinang, Kejari Bintan, Kejari Karimun dan Kejari Lingga.  Saat ini hanya Anambas yang belum memiliki Kajari.  "Sehingga  untuk pengembangannya harus dibentuk Kajari di Anambas, jadi lengkap menjadi 7 Kajari,"ucap dia.

Seperti diketahui sampai saat ini setelah dimekarkan selama hampir 11 tahun  Anambas masih belum memiliki Kajari. Yang ada saat ini adalah Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa.(yud)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar