Penguna Anggaran Dinilai Tidak Efektif 

Bupati Beri Peringatan Kepala OPD

BUKA MUSREMBANG - Bupati Bintan Apri Sujadi memukul gong tanda dibukanya kegiatan musrembang tingkat Kabupaten Bintan tahun 2019 di Convetion Hall Bhadra Resort, Kamis (14/3) pagi.


BINTAN (HK) - Bupati Bintan Apri Sujadi, memberikan peringatan kepada sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD. Pasalnya pengunaan anggaran untuk pembiayaan beberapa kegiatan yang dilakukan para OPD menurutnya tidak efektif.  Meskipun telah dianggarkan berulang kali,  namun pencapaianya tetap tidak maksimal.

Menurut Apri, ditengah keterbatasan anggaran dalam kegiatan baik fisik maupun non fisik perlu adanya selektifitas yang ketat agar kebocoran anggaran tidak terjadi. 

"Saya berharap tidak ada lagi kegiatan-kegiatan yang boros, program yang dilakukan berulang-ulang setiap tahun namun tingkat capaiannya tidak terukur. Saya masih menemukan kegiatan yang copy paste dari kegiatan sebelumnya. Hal ini agar bisa diseleksi lebih ketat lagi," ujar Apri sebelum membuka kegiatan Musrembang tingkat Kabupaten Bintan tahun 2019 di Convention Hall Bhadra Resort, Kamis (14/3).

Apri menginginkan agar program kerja yang dilakukan masing-masing OPD dapat terukur secara jelas saat pembahasan Musrembang. Tak hanya harapan, Apri juga melontarkan sindiran kepada Kepala OPD yang suka dinas luar, seperti ke Jakarta. Ia menegaskan, agar perjalanan dinas yang dibiayai APBD bisa dimaksimalkan untuk menjolok anggaran pusat.

"Kepada seluruh kepala OPD bisa memanfaatkan perjalanan dinas ke Jakarta untuk mendapatkan sumber pendapatan yang berasal dari APBN. Artinya, kepala OPD harus jeli melihat program-program yang ada di pemerintah pusat agar kita mendapatkan sumber anggaran dari APBN. Misalnya program pusat A, kita mengusulkan B kan gak nyambung," bebernya.

Selanjutnya Apri membuka musrembang tingkat Kabupaten Bintan tahun 2019 yang ditandai dengan pemukulan gong. Hadir juga pimpinan FKPD Bintan, unsur pimpinan dan anggota DPRD Bintan, kepala OPD, para camat, lurah serta kepala desa se-Bintan.

Sementara itu, meluruskan pernyataan Bupati Bintan saat sambutan pembukaan musrembang, Sekdakab Bintan Adi Prihantara menjelaskan kalau program yang copy paste ialah program yang sama modelnya namun dilakukan dilokasi yang berbeda. Hanya saja kata Adi, capaian dari program tersebut tidak maksimal untuk memenuhi tujuan sebagaimana tertuang dalam RPJMD Bintan.

Disinggung soal perjalanan dinas kepala OPD, Adi berkata sesuai harapan Bupati Bintan agar penggunaan perjalanan dinas bisa maksimal. Hal ini agar, setiap program pemerintah pusat bisa selaras dengan yang dilakukan didaerah. "Jadi tidak hanya sebatas menghadiri acara ceremonialnya saja, tapi bagaimana bisa menyinkronkan antara program pusat dengan daerah. Itu harapan Pak Bupati," ujar Adi. (oxy)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar