Batam

45 Sekolah Belum Cairkan Dana BOS

LUBUK BAJA -- Kendati sudah memasuki bulan keenam, namun sebanyak 45 sekolah swasta di Batam belum mencairkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Padahal dana BOS termin pertama tahun 2011 ini seharusnya sudah disalurkan ke seluruh sekolah maksimal pada bulan Maret.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Muslim Bidin menyatakan, permasalahan rekening sekolah menjadi satu-satunya alasan, ke-45 sekolah swasta tersebut belum mencairkan dana BOS. Selain 45 sekolah swasta tersebut, seluruh SD dan SMP terutama negeri sudah mencairkan dana BOS.

"Masih ada kesalahan nomor rekening sekolah, sehingga dana BOS belum bisa ditransfer. Karena saat dicek, nomor rekeningnya tidak cocok," ujarnya dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Batam di Hotel Vista, Senin (13/6).

Menurut Muslim, Disdik Kota Batam terus melakukan komunikasi kepada pihak sekolah terkait kesalahan nomor rekening tersebut. Dan akan segera menstransfer dana BOS jika nomor rekening sekolah sudah sesuai.

"Kita usahakan secepatnya dapat ditransfer," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, anggaran dana BOS 2011 untuk Kota Batam dianggarkan sebanyak Rp43 miliar yang akan dikucurkan ke masing-masing SD dan SMP baik negeri maupun swasta. Dalam penyaluran dana BOS, juga dianggarkan sebesar Rp5 miliar untuk kegiatan tim monitoring dan evaluasi (Monev).

Dalam kesempatan tersebut, Muslim Bidin juga mengungkapkan keterbatasan jumlah bangku sekolah bagi siswa baru yang akan masuk SD di Batam. Dari data sementara, diperkirakan sekitar 5.000 anak usia sekolah terancam gagal masuk SD.

"Daya tampung yang ada saat ini hanya sekitar 11.000 siswa, sementara anak usia masuk SD mencapai 16.000. Ini yang sedang kita carikan jalan keluarnya," ungkapnya.

Muslim menjelaskan, untuk mengantisipasi tidak tertampungnya anak usia sekolah masuk SD, Disdik Kota Batam akan melakukan beberapa alternatif. Di antaranya dengan sistem double shift dan menambah rasio ruang kelas dari 36 menjadi 40 anak. (wan)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar