Batam

Poltek Akan Adakan Pelatihan Linux

Antisipasi Pembajakan

SEKUPANG-Politeknik Negeri Batam berencana akan mengadakan pelatihan Linux bagi umum. Tujuan pelatihan ini dalam upaya menghindari pemakai software bajakan, apalagi program linux yang dapat digunakan secara gratis.

Seperti penggunaan software bajakan (tidak berlisensi) untuk kepentingan komersial atau bisnis, bisa  merupakan kejahatan.Jika ketahuan, maka ancaman pidana 5 tahun penjara atau denda Rp500 juta sesuai dengan UU no 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta. Untuk ini pelatihan ini dianggap penting agar para pengguna lebih paham batas-batas penggunaan software gratis ini.  

Menurut ,Staf Pengajar Teknik Informatika dan Instrukutur Pelatihan, Tri Ramadhani, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan guna menghilangkan keragu-raguan dari pemakai software bajakan. Karena, tidak bisa dipungkiri rata-rata pemakai komputer menggunakan software bajakan cukup banyak.

"Kami sebagai salah satu promotor pendidikan tinggi di kota Batam, mengambil inisiatif menyelenggarakan pelatihan linux. Baik perorangan maupun perusahaan, karena Linux dipakai secara gratis. Jadi menghilangkan keraguan dan menghindari tindakan melawan hukum. Karenanya bagi perusahaan yang ingin secara bertahap bermigrasi dari sistem lama ke Linux, mungkin saatnyalah yang tepat," ujar Tri, Kamis (29/3).

Sementara Panitia Pelaksana Pelatihan, Ahmad Zulkarnain, rencana untuk pelatihan ini akan diadakan pada 8-9 April 2012 mendatang. Maka dari itu bagi yang berminat bisa mendaftar dengan mengunjungi http://if.polibatam.ac.id/workshop/linuxtraining atau datang ke Politeknik Negeri Batam di lantai 7. Namun bisa juga menghubungi via telpon di 0778-469856/08127737778. "Pelatihan ini cukup terbatas, makanya secepatan saja mendaftar," ajak Zulkarnain lagi. (cw56)



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar