Natuna

Pemekaran Bisa Dijadikan Momentum Pengangkatan Putera Daerah

RANAI (HK) - Rencana pemekaran Kabupaten Natuna Selatan dan Kabupaten Natuna Barat, yang digadang-gadang untuk membawa perubahan menuju masyarakat yang lebih sejahtera, menjadi harapan tersendiri bagi warga tempatan.
Wendriadi, warga Kecamatan Serasan Timur berharap  bila rencana pemekara dapat terealisasi yang mengharapkan kelak jika pemekaran kabupaten terealisasi, pemerintah lebih memprioritaskan putera daerah.

"Saya harap momentum ini  bisa membuka kesempatan bagi putera daerah  sehingga bisa mengembangkan karirnya di bidang pemerintahan," ujar Wendriadi.

"Biasanya pada tahap awal perencanaan birokrasi, pemerintahan melakukan perekrutan dari luar daerah bahkan provinsi. Saya harapkan prioritaskanlah SDM dari putera daerah yang memang berkualitas dan mampu. Kalau sudah tidak ada, baru bisa kita share," harapnya.

Wendriadi juga berpesan, agar hendaknya pemerintah bisa memilah pegawai yang berkualitas bukan berdasarkan kedekatan. Sehingga diharapkan bisa menunjang percepatan program pemerintah kearah yang lebih maju.

Wendriadi juga berharap, pemerintahan yang baru bisa lebih mengutamakan efisien dan efektif dalam perekrutan pegawai, sehingga selain bisa memaksimalkan pekerjaan, juga anggaran yang ada bisa terserap lebih  banyak untuk kepentingan dan kemajuan masyarakat.

"Lihat di Jembrana Provinsi Bali, untuk PTT (pegawai tidak tetap) meski pegawainya sedikit tapi memiliki tupoksi yang bisa dipertanggung jawabdi.kan,  dan terbukti mampu," sambung Wendria

Tatanan birokrasi yang diselenggarakan pemerintah harus mampu menjelma sebagai bangunan peradaban yang berguna bagi masyarakat. "Kehadirian birokrasi pemerintahan harus berguna bagi masyarakatnya sehingga harus berada pada posisi sebagai abdi masyarakat dan pelayan masyarakat," pungkasnya (cw61).



[Ikuti HaluanKepri.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar